Gibran Tantang Rocky Gerung Debat Terbuka, Benarkah?

Hoax Gibran Rakabuming tantang Rocky Gerung debat
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar foto Gibran Rakabuming dengan foto Rocky Gerung. Dalam foto tersebut terdapat narasi yang menyebut Gibran menantang pengamat politik dan juga akademisi, Rocky Gerung, untuk debat terbuka di tvOne.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah salah. Faktanya, foto Gibran yang dijadikan kolase tersebut merupakan foto yang diambil saat pertemuan antara Gibran dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Negara.

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Foto Gibran dalam unggahan tersebut nyatanya ditemukan dalam artikel liputan6.com yang berjudul “Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran Saat Bertemu AHY” yang tayang pada 11 agustus 2017.

Sementara itu, foto Rocky Gerung juga mengalami penyuntingan karena kepala Rocky diambil dari foto profil kanal YouTube milik Rocky Gerung kemudian ditempelkan ke gambar badan seseorang yang mengenakan atribut kepresidenan. Selain itu, belum ada konfirmasi dari masing-masing pihak tentang tantangan debat terbuka.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Kesimpulan

Gambar merupakan suntingan atau editan. Sementara itu klaim yang menyebut bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah klaim yang salah.

Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan

Rocky Gerung: Mental Petarung Surya Paloh Lama-lama Mulai Mengalami Inflasi

Pertemuan Prabowo Subianto dengan pentolan Nasdem Surya Paloh tengah jadi sorotan. Rocky Gerung singgung mental Paloh yang makin lama susut.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024