Gambar 'Perjuangan FPI Melawan Penjajah Belanda', Cek Faktanya

Massa ormas FPI (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Akun Facebook Bianbe mengunggah tiga potret gambar di grup Teman Yang Menyukai Denny Siregar Reborn pada tanggal 3/8/2020 yang memperlihatkan aksi bentrok massa FPI dengan narasi sebagai berikut:

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

“Perjuangan FPI tahun 1940 melawan penjajah dari Belanda..

Subhanallah

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

????????????”

Hasil Cek Fakta

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim dari narasi gambar tersebut tentang perjuangan FPI tahun 1940 melawan penjajah dari Belanda merupakan klaim yang salah. Faktanya, foto tersebut merupakan beberapa potret aksi massa ormas Islam yang berakhir ricuh.

Foto pertama, unjuk rasa dilakukan oleh massa yang tergabung dalam Majelis Slaturahmi Umat Islam Bekasi (MSUIB) dan Front Pembela Islam (FPI) Bekasi Raya yang menolak pembangunan Gereja Santa Clara di Jalan Lingkar Luar, Bekasi Utara, yang kemudian berlangsung ricuh dengan polisi. Peristiwa ini terjadi pada 24 Maret 2017.

Foto kedua, terjadi pada saat FPI berunjuk rasa menolak Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, kemudian unjuk rasa ini berlangsung ricuh. Peristiwa ini terjadi pada 3 Oktober 2014 di depan Balai Kota Jakarta.

Foto ketiga, bentrok yang melibatkan FPI dan Aliansi Kebangsaan dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) yang pada saat itu AKKBB sedang memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Peristiwa ini terjadi pada 1 Juni 2008 di Silang Monas.

Dengan demikian, klaim narasi foto perjuangan FPI pada 1940 melawan Belanda merupakan satire/parodi.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO 17 Agustus 1945 Jakarta).

Bukan perjuangan FPI tahun 1940. Ketiga foto tersebut adalah potret unjuk rasa yang melibatkan Ormas FPI dan berakhir ricuh. Peristiwa itu terjadi pada Maret 2017, Oktober 2014 dan Juni 2008.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya