Video Hantaman Rudal Sebelum Ledakan Dahsyat di Beirut, Cek Faktanya

Video Hantaman Rudal Sebelum Ledakan Dahsyat di Beirut, Cek Faktanya

Senin, 10 Agustus 2020 | 07:02 WIB
Sebuah akun IG mengunggah video rekaman hantaman rudal sebelum ledakan
Video yang diklaim ada rudal sebelum ledakan Beirut, Lebanon.
Photo :
  • cekfakta.com

Video yang diklaim ada rudal sebelum ledakan Beirut, Lebanon.

VIVA – Akun Instagram Teluuur (instagram.com/teluriyun) mengunggah video dengan narasi sebagai berikut:

“Rekaman kamera infrared menunjukkan adanya hantaman rudal dari langit tepat sebelum ledakan dahsyat terjadi di Beirut, Libanon. Benarkah zionis Israel pelakunya? Wallahua’lam”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim adanya video rekaman kamera infrared menunjukkan adanya hantaman rudal dari langit tepat sebelum ledakan di Beirut, Lebanon adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video editan atau suntingan. Video itu adalah gabungan dari dua video yang diambil dari peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon, yang kemudian ditempeli gambar rudal dan diberi efek film negatif.

Dua video yang digabungkan itu sama-sama diambil dari peristiwa ledakan di Beirut pada 4 Agustus 2020. Video pertama pernah ditayangkan oleh CNN Arabic pada 5 Agustus 2020 dengan judul “Lebanon: Sebuah ledakan besar di dekat Pelabuhan Beirut menyebabkan luka-luka, kerusakan parah, dan kekacauan di pusat ibu kota”. Adapun video kedua pernah diunggah oleh kanal YouTube Daesh Hunter pada 6 Agustus 2020 dengan judul “Video close up dari ledakan di Beirut”.

Berita Terkait :
Saksikan Juga