Cek Fakta: Pengecilan Otak pada Anak karena Radiasi Ponsel

Tangkapan layar (screenshot) foto yang memperlihatkan seorang anak sedang dirawat dan diklaim mengalami pengecilan otak gara-gara radiasi sinar ponsel.
Sumber :
  • Turnbackhoax.id

VIVA – Beredar unggahan foto di Facebook yang diklaim sebagai anak yang sedang terbaring di tempat tidur dan diklaim otaknya mengecil lantaran radiasi dari ponsel.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Berikut ini narasinya:

“Bgi yg punya anak putra putrinya harus di awasin yg suka maen hp..ini anak temen saya…hbis di oprasi pengecilan otak gara kna rdiasi sinar hp mhon di bagikan ya, sampe skrg anakya blm sadar…aamiinkan sejenak semoga anak ini cepat sadar Aamiin…

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Bagikan agar ibu bapak awasin anak2!!

Sumber FB: Inur Inur switiy”

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Turnbackhoax.id, klaim itu tidak benar. Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Saraf Anak, Prof. Dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K) menyebut bahwa radiasi handphone dapat mengakibatkan pengecilan otak pada anak-anak adalah tidak benar.

“Radiasi HP mengakibatkan pengecilan otak itu tidak benar. Jadi diagnosa ini salah,” kata Hardiono dilansir dari Liputan6.com, Selasa (4/8/2020).

Menurut Hardiono, hingga kini tidak ada laporan dan kasus mengenai otak anak menjadi kecil karena radiasi dari handphone.

Pengecilan otak pada anak, katanya, bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya, seorang bayi mengalami kelainan saat lahir. Faktor lainnya adalah terinfeksi virus dan penyakit.

“Kalau sudah lahir, lahirnya normal lalu misalnya (otaknya) mengecil, itu karena infeksi otak. Meningitis atau (virus) zika, sehingga otaknya tidak berkembang lagi,” terang Hardiono.

Dokter spesialis saraf RS Royal Surabaya dr. Bambang Kusnardi SpS mengatakan, berita radiasi telepon genggam yang menyebabkan kanker otak pada anak adalah hoaks. ”Radiasi memang bisa menyebabkan kanker. Namun harus dalam dosis besar,” ucapnya.

Selain soal besarnya radiasi, kanker juga akan tumbuh ketika paparan berlangsung lama. Gelombang radiasi pada telepon genggam memang tidak terlalu besar sehingga kemungkinan untuk menyebabkan kanker juga sedikit.

Bambang mengatakan, kanker merupakan penyakit yang disebabkan banyak faktor. Hingga sekarang para ahli belum bisa memastikan penyebab pasti kanker. Penyebab kanker bisa dari keturunan. Artinya, mereka yang punya riwayat keluarga pengidap kanker bisa memiliki risiko tersebut. Selain itu, faktor lainnya adalah soal makanan yang dikonsumsi.

Dokter spesialis anak RS Khatolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya dr. Irma Lestari SpA menambahkan, paparan handphone merupakan salah satu faktor pemicu. ”Namun jika otaknya sampai mengecil itu tidak benar. Hoaks,” ujarnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim itu dan konten yang dimaksud terkategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

RUJUKAN

https://turnbackhoax.id/2020/08/05/salah-pengecilan-otak-pada-anak-anak-karena-radiasi-handphone/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya