TikTok Ternyata Punya PKI, Cek Faktanya

Foto beredar menyebut TikTok milik PKI
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Dolyy Sabunyaman Lotino (fb.com/dolyy.lotino) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

“Ternyata tik tok si empunya PKI.
Tanpa kita sadari yg sering tik tokan menyumbang dana untuk anak cucu PKI
Naudzubillah”

Foto itu memperlihatkan sejumlah orang tengah berpose di depan gedung ByteDance. Mereka membentangkan bendera merah dengan lambang palu arit.

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com, derdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa aplikasi TikTok adalah milik PKI (Partai Komunis Indonesia) adalah klaim yang salah.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Faktanya, TikTok adalah milik China ByteDancem, perusahaan teknologi asal Tiongkok. Foto itu adalah acara Partai Komunis Tiongkok yang diselenggarakan di kantor pusat ByteDance. Di foto itu beberapa pejabat eksekutif ByteDance berpose bersama anggota Partai Komunis Tiongkok.

Foto yang dicatut dalam unggahan tersebut ditemukan dalam artikel berujudul “TikTok owners show true colors with communist flag”. Artikel itu dimuat di situs Taiwannews.com pada 6 Agustus 2020.

Foto itu adalah acara Partai Komunis Tiongkok yang diselenggarakan di kantor pusat ByteDance perusahaan induk aplikasi TikTok di distrik Haidian Beijing.

Foto ini sempat menimbulkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, di tengah tuduhan TikTok menjual data pengguna ke Pemerintah Tiongkok. Presiden AS Donald Trump memberi Microsoft waktu hingga 15 September untuk mencapai kesepakatan untuk membeli aplikasi video pendek TikTok, sebelum melarang aplikasi tersebut dari AS.

Dilansir dari Republika.co.id, TikTok didirikan oleh Yiming pria lulusan software engineer dari Universitas Nankai. Ia lalu mendirikan perusahaan teknologi ByteDance pada Maret 2012. Lewat perusahaannya inilah Yiming mengembangkan aplikasi TikTok.

Kesimpulan

Bukan milik PKI (Partai Komunis Indonesia). Tik Tok adalah milik China ByteDancem, perusahaan teknologi asal Tiongkok. Foto itu adalah acara Partai Komunis Tiongkok yang diselenggarakan di kantor pusat ByteDance. Di foto itu beberapa pejabat ekskutif ByteDance berpose bersama anggota Partai Komunis Tiongkok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya