Film Korea My Secret Terrius Sudah Prediksi COVID-19, Cek Faktanya

Hoax film Korea
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar klaim yang menyebut film Korea "My Secret Terrius" telah memprediksi virus corona baru atau COVID-19.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Berikut narasinya:

“Serial televisi dari Netflix tampak sudah memprediksi terjadinya pandemi virus Corona atau COVID-19 sejak 2018. Tayangan 10 episode My Secret Terrius dari Korea Selatan seperti memberi gambaran distopia tentang yang kini terjadi.?

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Virus Corona menyerang sistem pernapasan. Yang lebih serius, virus Corona memiliki masa inkubasi 2-14 hari,” ungkap seorang dokter dalam serial My Secret Terrius, dilansir dari The Independent.

Dokter itu melanjutkan, virus Corona memanipulasi untuk menyerang langsung paru-paru dalam waktu lima menit setelah terpapar. Dalam serial itu tak ada vaksin yang ditemukan untuk menyembuhkan pasien.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Berbekal informasi itu, para pahlawan drama Netflix kemudian mulai berusaha menggagalkan serangan biologis yang mereka khawatirkan akan menyerang gym sekolah.

Di gym, seorang menteri kesehatan yang sedang berkunjung menunjukkan kepada anak-anak cara mencuci tangan untuk menghentikan penyebaran penyakit. Paralel dengan peringatan kesehatan masyarakat saat ini.

Dokter di acara Netflix memperingatkan bahwa tidak ada obat atau vaksin saat ini, sebuah tantangan yang saat ini dihadapi oleh para ahli ilmiah dunia sekarang.

Dalam dunia nyata, virus Corona dikaitkan dengan SARS. Corona lebih cepat menular dan menyerang paru-paru langsung dalam lima menit. Persis seperti yang terjadi sekarang, serial itu juga menampakkan instruksi kepada anak-anak segera mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran virus.

?Follow @conspiraciestheory for more!??

Medcom.id/Cecylia Rura/Rakyatku News/Abu Asyraf”

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com, beredar postingan dari akun Instagram unexplnd dengan cuplikan video yang berisikan klaim bahwa film yang berasal dari Korea Selatan tersebut memprediksi COVID-19. Video ini telah ditonton sebanyak 307 ribu kali.

Berdasarkan dari artikel periksa fakta snopes.com, postingan tentang film ini sudah beredar di beberapa negara melalui beragam media sosial. Cuplikan film “My Secret Terrius” yang dirilis pada tahun 2018 diposting pada media sosial menunjukkan pembicaraan karakter pada film tersebut tentang virus korona.

Selama pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang baru pertama kali mendengar kata “coronavirus” merujuk ke COVID-19. Sedangkan virus korona sendiri ada banyak jenisnya dan ditemukan pertama kali di dalam tubuh manusia pada tahun 1960.

Penelitian tentang virus korona ini ternyata pernah menjadi wabah sebelumnya seperti SARS (severe acute respiratory syndrome) pada tahun 2002 dan MERS (Middle East respiratory syndrome) pada tahun 2012. Sedangkan virus korona yang menyebabkan COVID-19 adalah virus korona dengan strain baru yaitu SARS-CoV-2. Virus korona pada film tersebut berbeda dengan virus penyebab COVID-19, film tersebut menceritakan seseorang memodifikasi virus korona menjadi mematikan, sedangkan COVID-19 bukanlah senjata biologi yang dibuat oleh manusia.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim film “My Secret Terrius” prediksi COVID-19 adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang menyesatkan/Misleading Content.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Film tersebut memang membicarakan tentang virus korona tetapi pada film tersebut tidak ada hubungannya dengan COVID-19. COVID-19 disebabkan oleh virus korona baru yaitu SARS-CoV-2. Sedangkan kata “virus korona” ada beragam jenisnya yang menyebabkan penyakit yang berbeda juga seperti SARS dan MERS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya