Cek Fakta: Bandung Kota Zona Hitam Corona

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook yang mengunggah gambar dengan klaim bahwa Kota Bandung berstatus zona hitam penyebaran COVID-19.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Cyan Eka Ghaniy mengunggah tangkapan layar gambar dari percakapan Whatsapp yang menyatakan bahwa Kota Bandung sudah masuk zona hitam. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Berikut kutipan narasinya:

Narasi postingan:

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Hi how are you?
Me:”

Narasi pada gambar:

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

“Bandung Kota, Zona Hitam,, Corona 19 di Bdg meningkat drastis. Hati2 ya kawan semua.”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, informasi yang menyebutkan Kota Bandung sudah masuk zona hitam tidak benar. Dilansir dari Rri.co.id, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pemberitaan tersebut tidak benar.

"Kalau memang positif aktif itu memang ketentuannya itu. Sekarang kan polanya sudah tidak seperti itu (zona hitam dan biru), itu sudah tidak berlaku lagi yang saya tahu," ujar Ema kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (8/9/2020). 

Selain itu, kata Ema, sekarang zona Kota Bandung, berdasarkan data, pemerintah pusat juga yang menentukan Bandung itu berstatus zona oranye (orange). Tidak ada klasifikasi zona dengan warna hitam.

Sekarang, katanya, pembagiannya total oranye, jadi karena ada pola ukuran. Yang sekarang ini berubah bahkan istilah angka reproduksi pun sudah diubah.

Dilansir dari Cirebon.tribunnews.com, Kepala Bapelitbang sekaligus Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengungkapkan, Kota Bandung masih berstatus zona oranye.

Lalu, berdasarkan laman Covid19.go.id, per 9 September 2020, peta zona risiko COVID-19 di Kota Bandung berwarna oranye.

KESIMPULAN

Per tanggal 8 September 2020, menurut Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna zona Kota Bandung berdasarkan data yang ada, bahkan saat ini pusat juga yang menentukan Bandung itu masuk zona oranye (orange).

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4968

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya