Cek Fakta: Foto Tragis Anak Kecil Kehilangan Ibu akibat Perang

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook yang mengunggah sebuah foto anak kecil yang diklaim kehilangan ibunya akibat perang.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Dewi Prastiti (fb.com/dewi.prastiti) mengunggah sebuah gambar seorang anak perempuan sedang tertidur di tanah di tengah-tengah lukisan kapur yang terdapat narasi:

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

“Diambil oleh seorang fotografer. Anak kecil ini kehilangan ibunya saat perang. Ia mengambil menggambar gambar ibunya dengan kapur di lantai, lalu dia tidur diatas gambar itu. Karena itu, hargailah apa yang kamu saat ini, sebelumsemuanya diambil!”

HASIL CEK FAKTA

Donald Trump: Sudah Saatnya Israel Hentikan Perang Mereka di Gaza

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, klaim bahwa foto seorang anak perempuan sedang tertidur di tanah di tengah-tengah lukisan kapur yang kehilangan ibunya saat perang adalah klaim yang salah.

Faktanya, seniman asal Iran yang mengabadikan foto itu di tahun 2012 mengatakan anak perempuan itu adalah sepupunya dan tidak ada cerita tragis di balik foto itu.

Israel Sebut Hasil Perang di Gaza Akan Mempengaruhi Timur Tengah Selama Bertahun-tahun

Dilansir dari AFP, seniman dan fotografer asal Iran yang bernama Bahareh Bisheh menjadikan foto itu sebagai foto profil akun Instagram-nya (instagram.com/bahareh.bisheh.official). Sang seniman menyertakan tautan ke akun Flickr miliknya di mana dia pernah mengunggah foto itu pada 15 Juli 2012. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, keterangan di foto itu artinya: “Saya memiliki seorang ibu… Foto oleh: Bahareh Bisheh dari Iran”.

Di Flickr, Bisheh juga menjelaskan di kolom komentar bahwa anak di foto itu adalah sepupunya dan tidak ada cerita tragis di balik foto itu.

“Gadis kecil ini adalah sepupuku dan dia sebenarnya tertidur di jalan aspal di luar rumahku. Dia pasti sudah bermain cukup lama dan berbaring untuk istirahat dan akhirnya tertidur. Saya berdiri di atas kursi untuk mengabadikan foto ini. Tidak ada panti asuhan yang dilibatkan dan tidak ada cerita tragis di balik ini semua. Saya gunakan kesempatan ini untuk jadi kreatif. Ini adalah sebuah langgam fotografi,” tulisnya jika diartikan ke Bahasa Indonesia.

Di YouTube, sang seniman membagikan karya seni buatannya, termasuk foto di unggahan menyesatkan dan beberapa foto dengan lukisan kapur lain yang telah dibuatnya.

KESIMPULAN

Seniman asal Iran yang mengabadikan foto itu di tahun 2012 mengatakan anak perempuan itu adalah sepupunya dan tidak ada cerita tragis di balik foto itu.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4969

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya