Video Detik-detik Penampakan Tuyul di Konter HP, Cek Faktanya

Hoax video detik-detik penampakan tuyul di konter handphone
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Riski Chebol (fb..com/riskiindahwulandariku.riskiindahwulandariku.3) mengunggah sebuah video dengan narasi “Penampakan tuyul di konter HP”.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Dalam video berdurasi 7 detik itu, tampak empat orang sedang berbincang di depan konter handphone. Sekilas, ada makhluk bertubuh kecil melintas di depan konter handphone itu. Terdapat narasi “DETIK DETIK PENAMPAKAN TUYUL” di video itu.

Hasil Cek Fakta

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim adanya video penampakan tyul di konter HP adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan tuyul. Sosok yang berlari di dalam video tersebut adalah seorang anak kecil. Anak itu bersama orang tuanya yang sedang makan di warung di sebelah konter HP bernama Centra Perdana Ungaran Barat, Kabupaten Semarang lalu lari-larian sampai depan konter HP itu.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Dikutip dari Tribunnews, seorang karyawan Centra Perdana yang berlokasi di Jl. S. Parman, Ungaran, Genuk, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Isnaen menceritakan, rekaman tersebut diambil pada 7 September 2020 yang lalu. Video Dan mulai tersebar luas di masyarakat pada 15 September 2020. Isnaen mengaku kaget dengan tersebarnya video yang disebut penampakan tuyul ini.

“Saya awalnya diberi tahu ponakan, saya kaget dan khawatir akan timbul efek negatif. Karena caption yang tidak benar dan video yang sudah diedit dengan tujuan tidak benar, yang akhirnya membuat resah,” ujarnya kepada Tribunnews, Sabut (19/9/2020). Isnaen menyebut, video yang diberikan narasi salah, merugikan berbagai pihak.

“Kasian anak orang disangka tuyul. Kasihan yang punya warung dianggap ada klenik atau pesugihan,” imbuhnya.

Isnaen kemudian menceritakan kronologi mulai tersebarnya video tersebut. Awalnya, video ini diambil untuk mengecek transaksi pembeli saat itu. Kemudian, ada seorang pegawai lain menjadikan rekaman tersebut sebagai story WhatsApp.

“Nah dari situ ternyata ada kontak yang nge-save dan diedit macem-macem,” beber Isnaen. Isnaen sendiri tidak tahu siapa orang tidak bertanggung jawab yang sengaja mengedit dan menyebar video dengan keterangan penampakan tuyul.

Sedangkan yang disebut sebagai tuyul merupakan anak kecil yang sedang berlari. Isnaen menyebut, anak tersebut bersama orang tuanya sedang makan.

“Sebelah emang warung makan. Jadi itu anak sama orang tuanya lagi makan di warung sebelah. Terus lari-larian sampai depan toko,” imbuhnya. Isnaen berharap, akun-akun yang menyebarkan video dengan narasi tak benar untuk dihapus.

Selain itu, dikutip dari Liputan6.com, akun Instagram @fath7027 juga mengunggah video serupa. Tidak ada penampakan tuyul dalam video tersebut.

“Dalam rekaman cctv ini tidak ada hal yang aneh,. Tidak terjadi keanehan apapun. Video ini saya posting untuk menanggapi video yang terlanjur viral dengan caption negativ. Ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengedit video. Dan akhirnya menjadikan keresahan.
Kasihan anak orang yang disangka aneh2, kasihan juga yang punya toko bisa berdampak negativ bagi usahanya. Dimohon akun2 @indozone.id @makassar_iinfo @infocegatansolo yang masih posting video editan dengan caption negativ, untuk segera menghapusnya. Trimakasih” tulis akun Instagram @fath7027.

Kesimpulan

Bukan tuyul. Sosok yang berlari di dalam video tersebut adalah seorang anak kecil. Anak itu bersama orang tuanya yang sedang makan di warung di sebelah konter HP bernama Centra Perdana Ungaran Barat, Kabupaten Semarang lalu lari-larian sampai depan konter HP itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya