Minum Kopi 3 Kali Sehari untuk Menangkal COVID-19, Cek Faktanya

Hoax minum kopi 3 kali sehari tangkap COVID-19
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar melalui pesan berantai Whatsapp yang menyatakan bahwa meminum kopi tiga kali sehari dapat menangkal COVID-19. Dalam pesan berantai tersebut disebutkan bahwa saran minum kopi tersebut merupakan saran dari Dr. Li Wenliang, seorang dokter dari China.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Berikut kutipan narasinya:

“BAHAGIALAH PENGEMAR KOPI.????????

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Breaking News dari CNN:

Minum Kopi 3 x Sehari untuk menangkal Covid-19.

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Dr. Li Wenliang, dokter pahlawan China yang dihukum karena mengatakan yang sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yang sama, telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian dan dalam file kasus tersebut mengusulkan penyembuhan yang secara signifikan akan mengurangi dampak COVID-19 Virus pada tubuh manusia.

Bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan sistem kekebalan minimal rata-rata.

Yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit yang sangat sulit dipahami oleh orang-orang di China ini sebenarnya disebut KOPI di India, YA, KOPI reguler kami memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya.

Methylxanthine utama dalam COFFEE adalah kafein stimulan. Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, Theobromine dan Theophylline. Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya.

Siapa yang tahu bahwa semua solusi untuk virus ini adalah secangkir KOPI sederhana dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China disembuhkan.

Staf rumah sakit di China sudah mulai menyajikan KOPI kepada pasien 3 kali sehari, Dan efeknya akhirnya di Wuhan "Pusat Pandemi ini" telah diatasi dan penularan ke komunitas hampir berhenti.

Silakan bagikan pesan ini kepada teman dan keluarga Anda untuk menyadarkan mereka tentang berkah berupa KOPI di dapur Anda.????????”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, nama Dr. Li Wenliang pernah digunakan dalam narasi hoaks yang sudah pernah diperiksa faktanya pada artikel berjudul [SALAH] “salah satu solusi untuk virus ini adalah secangkir teh sederhana” yang tayang di turnbackhoax.id pada 28 Maret 2020. Dalam artikel tersebut diketahui bahwa Dr. Li Wenliang diketahui bukanlah dokter ahli virus, melainkan seorang dokter mata.

Adapun, dilansir dari tirto.id, Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline, studi dari National Center for Biotechnology Information berjudul "Health Benefits of Methylxanthines in Cacao and Chocolate" (2018) menyebutkan Methylxanthine sering ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, minuman energi, atau coklat, sama seperti Theophylline dan Theobromine. Kandungan ini bermanfaat di berbagai bidang seperti neurodegeneratif dan mengobati penyakit pernapasan, diabetes, atau kanker. Studi ini tidak menyebutkan adanya manfaat Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline untuk menangkal keluarga virus SARS, salah satunya Covid-19.

Kesimpulan

Belum ada bukti ilmiah kopi dapat menangkal COVID-19. Adapun narasi merupakan modifikasi hoaks lama yang mencatut nama dokter Li Wenliang. Diketahui juga bahwa dokter Li Wenliang merupakan seorang dokter spesialis mata, bukan ahli virus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya