Buntut Ditahannya Lee Jong Suk oleh Imigrasi Jakarta Selatan
Rabu, 7 November 2018 | 06:08 WIB

Buntut Ditahannya Lee Jong Suk oleh Imigrasi Jakarta Selatan

Manajemen Lee Jong Suk marah, promotor Indonesia minta maaf.
Lee Jong Suk
Photo :
  • Soompi

Lee Jong Suk

VIVA – Senyum terus menghiasi wajah Lee Jong Suk di atas panggung, saat menggelar fan meeting bertajuk Crank Up di hall Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu malam, 3 November 2018. Lee Jong Suk mengenakan setelan jas. Selama dua jam, aktor asal Korea Selatan ini menghibur penggemarnya di Indonesia.

Penggemar juga tampak histeris saat sang aktor bermain piano sambil menyanyikan lagu Do You Know yang merupakan soundtrack dari drama yang dibintanginya, While You Were Sleeping. Ia membawakan beberapa lagu, kemudian Lee Jong Suk mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya. 

"Saya enggak tahu kapan balik lagi. Terima kasih semuanya,” ujar Lee Jong Suk dengan senyum di wajah.

Penggemar tampak sedih saat menatap Lee Jong Suk yang mengucapkan kata perpisahan, tanda acara fan meeting berakhir. Acara jumpa penggemar ini merupakan kegiatan Lee Jong Suk sebelum mengikuti wajib militer tahun depan. Tak heran, baik Lee Jong Suk maupun penggemar terlihat sangat emosional dalam acara tersebut. 

Namun, setelah itu, Lee Jong Suk membawa kabar mengejutkan untuk penggemarnya. Kekasih Park Shin Hye di drama Pinocchio ini tertahan di Bandara Soekarno Hatta, Minggu 4 November 2018. Ia tak diizinkan kembali ke Korea. Ia mengungkapkan masalah tersebut dalam akun Instagram miliknya. Dalam Instagram tersebut, Lee Jong Suk mengaku ditahan di bandara dengan beberapa orang stafnya. Aktor ini menjelaskan bahwa paspornya diambil pihak imigrasi Indonesia. 

Ia menambahkan bahwa ia tak bisa kembali ke Korea karena promotor di Indonesia, yang menggelar acara fan meeting melaporkan keuntungan yang lebih rendah dari sebenarnya.

Promotor diduga sengaja merendahkan jumlah pajak keuntungan dari nominal asli yang diterima atas penjualan tiket fanmeeting. Walaupun aku dan staff tidak tahu menahu soal urusan ini tapi pihak berwajib menahan paspor dan visa kami. Semoga promotor bisa menyelesaikan masalah ini. Aku tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya sehingga bingung harus berbuat apa (ibu aku pulang telat hari ini),” ungkapnya lagi seperti dilansir dari Soompi

Namun, postingan yang diunggah pada Senin, 5 November 2018 ini sudah dihapus. Meski demikian, pihak manajeman aktor kelahiran 14 September 1989 ini membenarkan soal sang artis yang ditahan imigrasi Indonesia.

Pihak Direktorat Jendral Imigrasi juga tak membantahnya. Mereka membenarkan ada seorang warga negara Korea Selatan atas nama Lee Jong Suk yang saat ini tengah dimintai keterangan di kantor Imigrasi Jakarta Selatan. 

“Betul lagi dimintai keterangan saja mengenai kegiatan, rutinitas dalam rangka pengawasan terhadap orang asing,” ungkap Teodorus Simarmata selaku Kepala Bagian Humas Dirjen Imigrasi saat dihubungi VIVA.

Meski demikian, pihak imigrasi mengaku tak tahu menahu soal soal masalah dugaan penggelapan pajak promotor lokal. 

“Kalau pajak kan enggak ada urusan sama imigrasi ini, kita kaitannya dengan warga negara asing dan aktivitasnya selama berada di Indonesia. Memang tugas imigrasi pengawasan terhadap orang asing bila diperlukan dapat dimintai keterangan sesuai dengan situasi,” ujar Teo lagi.

Drama paspor ditahan

Senin, 5 November 2018, ada pemandangan berbeda di kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Banyak awak media di depan kantor imigrasi tersebut. Usut punya usut mereka menunggu Lee Jong Suk. Sahabat Kim Woo Bin ini menjalani pemeriksaan di Imigrasi Jakarta Selatan. 

Lee Jong Suk mendatangi kantor imigrasi Jakarta Selatan sekitar pukul 18.30. Ia menggunakan pakaian serba hitam. Lee Jong Suk langsung menuju ruangan. Ia diperiksa soal masalah visa kedatangannya.