Hutanku Makin Membara
Kebakaran hutan terjadi si sejumlah wilayah Indonesia.
Kebakaran hutan terjadi si sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya di wilayah Jawa Timur pada 1 Agustus 2019.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/

Kebakaran hutan terjadi si sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya di wilayah Jawa Timur pada 1 Agustus 2019.

VIVA – Bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla semakin meluas di sejumlah wilayah di Indonesia. Api melalap ratusan hektare di wilayah Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Jambi.  

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulan Bencana pada Selasa 13 Agustus 2019, tercatat ada 863 titik panas tersebar di seluruh Indonesia. Titik panas terbanyak terdapat di Kalimantan Barat dengan 391 titik. Diikuti Riau dan Kalimantan Tengah dengan masing-masing terpantau 230 dan 180 titik. 

Meski BNPB, TNI, dan Polri sudah menurunkan ribuan personel gabungan dan helikopter water booming, kebakaran hutan terus menjalar dan semakin meluas. Area kebakaran hutan yang jauh dari sumber air, dan hutan yang sulit diakses membuat tim gabungan kesulitan mengatasi kebakaran ini. 

Sebanyak 9.072 personel TNI, Polri, BNPB, dan masyarakat sudah berusaha memadamkan kebakaran hutan di enam provinsi. Selain itu 28 helikopter water booming dan 6 helikopter patroli dikerahkan untuk membantu mencegah kebakaran meluas. 

BNPB melaporkan, luas area yang terbakar di Provinsi Riau sudah mencapai 204,9 hektare. Di Kalimantan Barat dilaporkan 20,4 hektare lahan terbakar, dan di Kalimantan Tengah 34,48 hektare. 

Kebakaran hutan di Riau telah menyebabkan kualitas udara di provinsi tersebut menjadi tidak sehat. Dilihat dari parameter PM10, kualitas udara Pekanbaru di kisaran 150-250 atau tidak sehat.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Riau mencatat ada ribuan warga yang terkena infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA akibat adanya kebakaran lahan dan hutan yang ada di daerah tersebut pada tahun ini. 

"Kalau sekarang ini yang sudah ISPA di Kota Dumai dan sekitarnya sudah hampir 1.500 warga yang terdampak ispa," kata Eksekutif Daerah Walhi Riau, Riko Kurniawan di kantor Walhi Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019. 

Kabut asap yang cukup tebal juga menyebabkan warga terpaksa mengungsi di Sumatera Barat. Sekitar 800 kepala keluarga di Kampung Pinang Sebatang terpaksa mengungsi akibat 50 hektare kawasan hutan produksi konversi di Kabupaten Pesisir Selatan. 

Peta titik-titik kebakaran hutan dan lahan Indonesia

Jokowi Geram

Bencana kebakaran hutan yang terus terulang setiap tahun membuat Presiden Joko Widodo geram. Jokowi mengingatkan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto agar mencopot jajarannya yang tak bisa mengatasi kebakaran hutan.