Kisah Pahit Simon McMenemy di Timnas

Kisah Pahit Simon McMenemy di Timnas

Kamis, 7 November 2019 | 06:04 WIB
Simon McMenemy gagal mengangkat prestasi timnas Indonesia.
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dipecat PSSI.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dipecat PSSI.

VIVA – Kiprah Simon McMenemy mengarsiteki Timnas Indonesia berakhir pahit. Pelatih asal Skotlandia tersebut dipecat menyusul serangkaian hasil buruk Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.

Langkah tegas dibuat PSSI melalui rapat perdana Komite Eksekutif (Exco) PSSI di bawah Ketua Umum yang baru, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. Simon diberhentikan dari tugasnya sebagai pelatih Timnas.

Meski sudah dipecat, Simon masih mendapatkan satu kali lagi kesempatan menangani Timnas. Dia akan memimpin Tim Merah Putih dalam duel melawan Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 19 November 2019.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja sama selama ini. Semoga laga melawan Malaysia kita mendapatkan hasil yang positif," kata Iwan Bule, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu, 6 November 2019. 

Sebenarnya, pemecatan Simon sudah bisa ditebak. Betapa tidak, Indonesia hancur lebur di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Empat pertandingan sudah dilalui dan semuanya harus dilalui dengan kekalahan.

Yang membuat malu, kekalahan dialami dari tim sesama negara ASEAN. Bukan dari negara kuat langganan Piala Dunia semacam Korea Selatan, Iran, Australia, maupun Arab Saudi.

Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia, lalu takluk 0-3 dari Thailand di hadapan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Lalu dipermak Uni Emirat Arab 0-5 dan digasak Vietnam 1-3. Indonesia pun terdampar di juru kunci klasemen Grup G dengan 0 poin dan hampir pasti gagal lolos ke Piala Dunia.

Suporter sudah dibuat kesal dengan penampilan Timnas yang tak kunjung membaik. Tagar #SimonOut muncul di dunia maya beriringan dengan kekalahan Timnas. Awalnya, PSSI masih bersabar. Namun, pada akhirnya eks pelatih Bhayangkara FC tersebut memang harus dipecat.

PSSI Siap Rugi

PSSI sebenarnya harus merugi karena memecat Simon. Ada kompensasi yang harus dibayar kepada pelatih 41 tahun ini.

Berita Terkait :
Saksikan Juga