Saksi MK, Rumah Kiai Diobok-obok Paspampres dan Hadirnya MPV Baru
Jumat, 21 Juni 2019 | 06:00 WIB

Saksi MK, Rumah Kiai Diobok-obok Paspampres dan Hadirnya MPV Baru

Berita sidang sengketa pilpres di MK jadi berita yang menarik pembaca.
Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi saat di Mahkamah Konstitusi untuk ajukan Gugatan Pemilu 2019.
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi saat di Mahkamah Konstitusi untuk ajukan Gugatan Pemilu 2019.

VIVA – Sidang gugatan hasil pemilihan presiden yang sedang digelar oleh Mahkamah Konstitusi ternyata menarik perhatian publik. Sidang kedua dengan agenda mendengarkan saksi-saksi digelar secara maraton, sejak Rabu pagi, 19 Juni 2019 hingga Kamis subuh, 20 Juni 2019. Sidang sempat diskors, lalu dilanjutkan kembali di hari yang sama, mulai pukul 13.00 WIB.

Sepanjang sidang gugatan pilpres berjalan di Mahkamah Konstitusi, berita terpopuler di VIVA pada Kamis, 20 Juni 2019 adalah berita-berita tentang sidang MK. Salah satu berita dengan judul "Saksi 02 Ungkap Peran Moeldoko Hingga Ganjar Pranowo," sempat berada di posisi tertinggi berita terpopuler sepanjang Kamis, sejak pagi hingga sore hari. 

Jelang malam, berita soal Saksi 02 itu mulai tergeser oleh berita tentang Rais Aam NU yang mengaku rumahnya diobok-obok oleh Paspampres Jokowi. Berita ini sempat bertengger di berita terpopuler kedua, dan akhirnya pelan-pelan menyisihkan berita tentang sidang MK. 

Kiai Miftachul Akhyar, Rais Aam Nahdlatul Ulama Miftahus Sunnah, Kota Surabaya, Jawa Timur merelakan rumahnya diobok-obok oleh Paspampres. Beliau akan melangsungkan pernikahan anaknya, dan Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam pernikahan tersebut. Itu sebabnya Paspampres membedah rumah pak Kyai. 

Berita berikutnya yang paling banyak dibaca oleh pembaca VIVA adalah tentang tenggelamnya kapal di Sumenep. Hingga Kamis, 20 Juni 2019, korban kapal tenggelam itu sudah mencapai 21 orang.

Dua berita lainnya, selain berita soal sidang gugatan pilpres di MK adalah berita dari kanal otomotif dan digital. Setelah lama menguasai pasar mobil MPV di Indonesia, Avanza dan Xenia harus bersiap menghadapi pesaing baru. Mobil keluarga besutan Renault, perusahaan otomotif dari Prancis siap beradu di Indonesia. Sedangkan dari kanal tekno dan digital, lautan es di Greenland yang meleleh secara tak lazim dikabarkan bisa membuat khalayak menderita.