Round Up

Mitos Kediri Bikin Lengser Presiden

Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Jawa Timur
Sumber :
  • Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – Pernyataan kontroversial Sekretaris Kabinet Pramono Anung soal mitos presiden yang berkunjung ke Kediri akan lengser mengundang reaksi. Sejumlah politisi menilai hal tersebut tak seharusnya disampaikan.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Berita soal mitos larangan presiden ke Kediri ini menjadi artikel yang paling banyak dicari pembaca VIVAnews. Selain itu, berita dengan substansi terkait hal itu juga mengundang perhatian publik. 

Berikut tiga berita paling menarik seputar mitos itu di VIVAnews, Senin 17 Februari 2020:

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

1. Roy Suryo bicara setan lengser

Presiden Joko Widodo dikaitkan dengan mitos Kediri, Jawa Timur. Eks Gubernur Jakarta itu dilarang Pramono Anung berkunjung ke Kediri agar tak senasib dengan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Baca beriita lengkapnya dalam artikel berikut ini:jokowi-dilarang-ke-kediri-eks-menteri-sby-singgung-soal-setan-lengser"> Jokowi Dilarang ke Kediri, Eks Menteri SBY Singgung soal Setan Lengser

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

2. Soeharto tak pernah ke Kediri


Politisi PDIP, Said Abdullah, mengamini pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengatakan jika Presiden Jokowi dilarang ke Kediri lantaran bisa jatuh dari kekuasaannya. Menurut Said, hal tersebut merupakan kultur yang ada di Indonesia.

3. Eks Jubir Gus Dur sebut Pramono Anung syirik

Eks Juru Bicara Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Adhie Massardi, menilai Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak patut menyatakan penguasa di Indonesia tabu jika pergi ke Kediri. Alasannya karena Pramono sebagai seorang pejabat membawa persoalan klenik, mitos, ke dalam negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya