Mahasiswi Diperkosa Bergilir Hingga Isu PKI Setiap September

Ilustrasi pelecehan seksual
Sumber :
  • VIVAnews/ Faddy Ravydera

VIVA – Kasus perkosaan terhadap seorang mahasiswi di Panakkukan, Kota Makassar, menyedot perhatian publik. EAN (23, diperkosa secara bergilir oleh tiga orang pria di kamar hotel dalam kondisi mabuk berat. Sebenarnya ada tujuh orang yang diamankan polisi karena dianggap punya peran dalam aksi perkosaan tersebut.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Tapi berdasarkan keterangan polisi, hanya tiga orang yang mengakui telah memperkosa korban secara bergantian saat korban tengah mabuk alkohol di kamar hotel. Sedangkan empat lainnya menunggu di kamar sebelahnya.

Kasus perkosaan mahasiswi di Makassar ini menjadi salah satu berita terpopuler di laman VIVA, Selasa, 22 September 2020. Disamping tentunya masih ada berita-berita lain yang juga menarik sehingga jangan sampai dilewatkan. Lima berita terpopuler terangkum dalam round up berikut ini: 

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

1. Pengakuan 3 Pemerkosa Mahasiswi Secara Bergilir

Ilustrasi korban perkosaan.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Polisi akhirnya menangkap tujuh orang terduga pelaku yang memperkosa mahasiswi, EAN, 23 tahun, di salah satu hotel, Jalan Meranti, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulsel. Polisi sebut, dari tujuh orang yang diamankan, hanya tiga orang menyetubuhi korban.

Kasi Humas Polsek Panakkukang, Bripka Ahmad Halim mengatakan, hasil interogasi sementara terhadap ketujuh orang sempat diamankan, hanya tiga orang di antaranya yang mengakui menyetubuhi korban saat tengah mabuk dan tertidur di kamar hotel.

"Dari keterangan sementara, hanya tiga orang yang menyetubuhi korban. Mereka menyetubuhi korban secara bergantian," kata Halim, Senin 21 September 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini.

2. Rayuan Laeli si Pemutilasi Buat Rinaldi Serahkan PIN ATM-nya

Rekonstruksi mutilasi di Apartemen Mansion Pasar Baru

Pasangan pembunuh dan pemutilasi Rinaldi Harley Wismanu, yaitu Djumadil Al Fajar dan Laeli Atik Supriyatin menguras uang korban hingga Rp97 juta. Mereka mengurasnya dengan cara menarik uang korban yang ada di rekening tabungannya. 

Pelaku ternyata mendapatkan PIN kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik korban. Lalu, bagaimana cara mereka dapat PIN ATM korban? 

Korban menyerahkannya ke tersangka Laeli saat bertemu di Apartemen Mansion Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Lokasi tersebut jadi tempat korban dihabisi.

"Tersangka ambil harta pakai (kartu) ATM (korban)," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, kepada wartawan, Selasa, 22 September 2020

Baca selengkapnya di tautan ini.

3. Arteria Dahlan: Hentikan Isu PKI Setiap September

Ekspresi Arteria Dahlan saat disebut bahwa kakeknya adalah pendiri PKI Sumbar dalam acara ILC. (Foto ilustrasi)

Anggota DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, kembali berbicara terkait isu PKI yang sebelumnya diarahkan kepadanya. Menurut Arteria, tidak hanya dirinya yang tidak terima disebut sebagai cucu pendiri PKI Sumatera Barat, tetapi juga keluarganya ikut tidak terima dan ingin menempuh jalur hukum untuk mengusut pembuat fitnah tersebut.

Arteria berharap semua pihak yang berusaha memfitnah atau menista dengan informasi tidak benar tersebut untuk meminta maaf. Para pihak yang melontarkan ucapan tak benar tersebut diharapkan dapat mengklarifikasi bahwa perbuatan dan informasi yang mereka sebarkan tidak benar.

"Keluarga memang masih berat dan meminta untuk tetap dilakukan upaya hukum, tapi saya berpikir lain. Saya ingin mengimbau untuk kita semua untuk berhenti menyebarkan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian terlebih dengan memainkan isu PKI, isu agama, maupun isu SARA," kata Arteria kepada wartawan, Selasa, 22 September 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini.

4. Promosi Odading yang Viral Disebut Merusak Budaya Lisan Sunda

Ketua Dewan kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG), Irwan Hendarsyah

Sebuah video promosi makanan khas Sunda, Odading oleh Ade Londok dengan kata-kata kasar seperti goblog dan anjing ternyata mendapat reaksi negatif. Salah satunya Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) yang berdomisili di Kabupaten Garut Jawa Barat mengecam promosi dengan menggunakan kata-kata tersebut.

Ketua DKKG, Irwan Hendarsyah yang akrab disapa Jiwan menyebut bahwa kata goblog dan anjing dalam mempromosikan makanan odading itu makin viral setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendaulat Ade Londok sebagai Duta Promosi Kuliner UMKM Jawa Barat. 

Dalam bahasa Sunda, kata goblog dan anjing merupakan ungkapan menghardik dan memaki orang, sehingga dinilai sebuah kata yang tak pantas.

Baca selengkapnya di tautan ini.

5. Eskavator Terguling, JPO di Kampung Melayu Hancur

Eskavator terguling di Tebet

Sebuah eskavator milik UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta terguling di jalan Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, hari ini Selasa, 22 September 2020. Akibatnya, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kampung Melayu tidak dapat digunakan karena hancur ditimpa eskavator yang terguling.

Zidan warga sekitar mengatakan, peristiwa itu disebabkan tak seimbangnya eskavator saat akan dinaikkan ke truk dan menimpa tangga JPO.

“Alat berat ini mau naik ke kontainer kan. Tidak seimbang terus akhirnya jatuh menimpa jembatan penyeberangan orang (JPO),“ kata Zidan ketika ditemui di lokasi, Selasa, 22 September 2020.

Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya