Momentum Ramadan, MUI Minta Akhiri Penyebutan 'Cebong' dan 'Kampret'

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi
Sumber :
  • Antara

VIVA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, pada momentum bulan Ramadan yang mulia ini, saatnya  mengakhiri semua silang sengketa, saling tuduh, fitnah dan saling olok dengan penyebutan 'kampret' dan 'cebong'. 

BRIN: Politik Identitas sedang Tidur Pada Pemilu 2024 tapi Bisa Bangkit Lagi

"Marilah kita kembali menjadi manusia yang mulia karena kita adalah saudara," ujar Zainut dalam keterangan yang diterima VIVA di Jakarta, Senin, 6 Mei 2019. 

Diketahui, 'cebong' adalah sebutan untuk para pendukung Joko Widodo, sedangkan 'kampret' adalah sebutan untuk para pendukung Prabowo Subianto.

Nusron Sebut Prabowo-Jokowi Sudah Bersatu: Tapi, Cebong dan Kampret Tak Mau Bersatu

Zainut mendorong, agar umat Islam mengedepankan toleransi dan semangat persaudaraan, menghargai perbedaan, serta meninggalkan sikap egoisme kelompok yang berlebihan dalam kehidupan sosial dan keagamaan. 

Hal itu agar tidak terjebak pada sikap eksklusivisme yang dapat melahirkan pertentangan, perselisihan dan perpecahan. "Berpuasa merupakan implementasi dari nilai-nilai Islam tentang perdamaian, kasih sayang, dan keadilan," ujarnya. 

Cak Imin: 2024 Tak Boleh Ada Lagi Cebong-Kampret Seperti 2019

Ia menjelaskan, puasa harus dimaknai sebagai bulan yang penuh rahmat dan kasih sayang. Berpuasa bukan hanya sekadar menahan diri dari makan, minum dan semua hal yang dapat membatalkannya. 

Pada momentum puasa ini, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat  kembali merajut tali silaturahmi dan persaudaraan hakiki yang selama ini terpecah belah karena perbedaan pilihan politik, pada pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019. "Sehingga kita sering perang di media sosial maupun dalam kehidupan keseharian kita," ujarnya.

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo

Ganjar Ingin Pemilu 2024 Bebas dari 'Cebong-Kampret'

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan setiap masyarakat berhak memilih calon pemimpin berdasarkan referensi masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024