Renovasi Masjid Istiqlal Bisa Selesai Akhir Juni

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih terus menyelesaikan renovasi Masjid Istiqlal di tengah pandemi Covid-19. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi masjid tersebut bisa selesai pada akhir Juni 2020. 

"Saat ini progres renovasi Masjid Istiqlal telah mencapai 89 persen," kata Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (14/5). 

Target penyelesaian renovasi tersebut sedikit meleset dari rencana awal. Sebelumnya, renovasi masjid yang dikerjakan sejak Mei 2019 tersebut ditargetkan rampung saat Bulan Ramadhan 2020 namun karena pandemi Covid-19 dan diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penyelesaian mundur 1,5 bulan.

Meskipun terus dikebut penyelesaiannya, Basuki memastikan renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan sesuai protokol pencegahan Covid-19. Beberapa diantaranya seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan serta Instruksi Menteri PUPR Nomor 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi jangan sampai pekerja konstruksi kita terpapar COVID-19. 

Basuki menegaskan, meskipun nantinya renovasi masjid tersebut sudah selesai bukan berarti langsung dapat digunakan kembali. "Masjid Istiqlal juga baru bisa digunakan setelah Pandemi Covid-19 berakhir,” tutur Basuki. 

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, dan mechanical electrical plumbing (MEP). Begitu juga dengan pengerjaan interior dan signage dengan total anggaran sebesar Rp 475 miliar.

"Saya minta betul-betul bahwa produk dalam negeri digunakan dalam renovasi Istiqlal ini, setidaknya pabriknya ada di Indonesia, misalkan AC, furniture hingga lampu gantung," ujar Basuki.