11 Tips Sederhana Atasi Bau Mulut Selama Puasa

11 Tips Sederhana Atasi Bau Mulut Selama Puasa

Senin, 27 April 2020 | 16:12 WIB
Agar mulut enggak bau, begini caranya.
Ilustrasi bau mulut
Photo :
  • Freepik

Ilustrasi bau mulut

VIVA – Umat muslim dunia kini tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan. Ibadah yang mengharuskan kita untuk menahan makan dan minum dari terbit hingga tenggelamnnya matahari ini memang sudah menjadi kewajiban setiap muslim pada bulan mulia ini.

Tidak terlepas dari itu, ada saja masalah klasik yang sebenarnya sampai saat ini selalu menjadi banyak perbincangan. Yap, permasalahan itu adalah bau mulut. Orang yang berpuasa selalu punya masalah dengan bau mulut mereka.

Sebabnya, sehabis santap sahur banyak orang yang merasa malas atau bahkan lupa untuk menggosok gigi. Berikut beberapa tips untuk mengatasi bau mulu saat puasa yang dikutip dari healthline.

Daun Parsley

Daun Parsley adalah daun yang kini dijadikan obat tradisional dan populer untuk mengatasi bau mulut. Aromanya yang segar dan kandungan klorofil yang tinggi dapat mengatasi masalah bau mulut di saat menjalani ibadah puasa.

Senyawa yang ada pada daun parsley ataupun obat parsley juga diketahui mampu efektif memerangi senyawa belerang busuk. Untuk menggunakannya, kunyah daun segar setiap selesai makan.

Jus Nanas

Banyak yang percaya jus nanas bisa mengatasi bau mulut secara efektif. Meskipun tidak ada bukti penelitian secara ilmiah untuk mendukung pendapat itu, laporan secara anekdotal menunjukkan bahwa minuman ini berhasil mengatasi permasalahan tersebut.

Setiap sehabis makan bisa kalian minum segelas jus nanas atau juga mengunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit. Sesudah melakukan hal itu, jangan lupa untuk kumur-kumur guna membersihkan mulut kamu dari gula yang menempel setelah meminum jus tersebut.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan fermentasi yang mengandung bakteri sehat bernama lactobacillus. Bakteri yang dapat memerangi senyawa jahat di tubuh kita ini banyak dimanfaatkan untuk sarana obat kesehatan lainnya.

Penelitian juga menyebutkan bahwa yogurt dapat membantu mengurangi bau mulut. Dalam sebuah studi mengatakan, 80 persen responden penelitian mengaku bau mulut mereka berkurang setelah memakan yogurt selama enam minggu.

Ternyata, zat probiotik yang ada dalam makanan itu sangat efektif mengurangi masalah bau mulut.

Berita Terkait :
Saksikan Juga