Kebiasaan Ini Picu Bau Mulut Berlebih Saat Puasa

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Bau mulut saat puasa sudah menjadi masalah umum yang dialami banyak orang. Ternyata, tak sedikit hal-hal yang menjadi kebiasaan sehari-hari memicu bau mulut berlebih saat puasa.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Salah satunya, jenis makanan yang dikonsumsi selama sahur. Makanan yang berminyak serta pedas menjadi yang paling umum pemicu bau mulut.

"Hindari makanan berminyak dan pedas. Selain itu, makanan mengandung bawang putih membuat bau mulut lama hilangnya," ujar drg. Sandi Aditya Susilo Sp.Pros saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Bawang putih memiliki kandungan yang membuat aromanya bertahan lama di dalam mulut. Sehingga, disarankan banyak mengonsumsi cairan saat akan berpuasa.

"Konsumsi sayur dan buah juga jangan dilupakan untuk cegah bau mulut," kata dia.

Terpopuler: Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Puasa sampai Janin yang Tiba-tiba Hilang

Selain itu, cara membersihkan gigi yang kurang tepat, bisa menjadikan bau mulut semakin lama menetap. Sandi menyarankan agar pemakaian obat kumur serta teknik flossing gigi dilakukan agar bakteri pemicu bau mulut hilang secara maksimal.

"Kalau sikat gigi saja hanya membersihkan 30 persen bakteri di gigi. Sisanya banyak di sela-sela gigi. Itu harus pakai flossing dan obat kumur," ujarnya. (rna)

Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024