5 Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi hal yang dinantikan seluruh umat muslim dunia. Namun, berpuasa seharian penuh menyebabkan masalah yang bisa membuat orang tak percaya diri. Apa lagi kalau bukan bau mulut.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Namun, Anda tak perlu khawatir lagi, karena masalah bau mulut bisa diantisipasi dengan beberapa langkah, seperti disampaikan Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClintDent.,MDSc selaku pakar kesehatan gigi mulut.

"Saat berpuasa, kondisi mulut yang kering seringkali menimbulkan napas kurang sedap, karena kita tidak makan atau pun minum seharian. Maka produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun,” ujarnya saat ditemui baru-baru ini.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Ia melanjutkan, dengan bakteri yang terus berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari dalam mulut.

Nah, berikut ini beberapa tips mencegah bau mulut selama bulan puasa.

Bau Mulut Bikin Rasa Percaya Diri Berkurang? Lakukan 5 Cara Alami Ini

1. Sikat gigi

Setidaknya sikat gigi dua kali sehari. Dan karena puasa, maka waktu untuk menggosok gigi digeser lebih awal yaitu usai sahur dan malam sebelum tidur.

"Tidak sikat gigi panjang waktunya membuat bakteri memakan sisa makanan, menjadi asam. Kalau terus-terusan akan timbul bau mulut. Malam sebelum tidur dianjurkan selain menyikat gigi juga menyikat lidah, karena permukaan lidah adalah tempat di mana bakteri sangat banyak.

2. Air putih

Karena kondisi mulut yang kering selama puasa, sebaiknya perbanyak minum air putih, baik saat berbuka puasa, atau pun sahur.

3. Minuman yang harus dihindari

Sebaiknya selama puasa kurangi konsumsi minuman tinggi kafein, banyak mengandung gula tinggi karena akan sering ke belakang (toilet).

4. Makanan minuman yang harus diperbanyak

Untuk mengompensasi kekeringan rongga mulut, konsumsi makanan yang memperbanyak air liur terutama yang berserat seperti buah, sayur.

5. Kurma

Anda bisa mengonsumsi kurma karena banyak mengandung serat, yang merangsang air liur dan mengandung flouride kalsium yang bagus untuk kesehatan gigi mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya