Waspada Penyakit Pemudik, Begini Cara Mengatasinya - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 24 Mei 2019 | 06:30 WIB

Waspada Penyakit Pemudik, Begini Cara Mengatasinya

Dinas Kesehatan akan melakukan inspeksi di pusat keramaian pemudik.
Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah
Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Pemudik sepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah

VIVA – Menjelang mudik Lebaran, pemudik wajib menyiapkan beberapa hal. Salah satu yang utama adalah kesehatan. Sejumlah penyakit akan bisa menyerang pemudik saat melakukan perjalanan jauh.

“Biasanya karena kelelahan, atau Infeksi saluran pernapasan (ISPA) tetap ada selama mudik,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, SpOG (K) MARS, Kamis 23 Mei 2019.

Dia melanjutkan, selain ISPA penyakit yang juga rentan mengintai para pemudik adalah diare. Hal ini terkait dengan kebersihan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan dinas kesehatan daerah melakukan pemeriksaan mutu makanan.

Nantinya Dinkes akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan di lokasi yang ramai dengan pemudik. Seperti terminal bus, para penjaja makan yang ramai dikunjungi pemudik akan menjadi fokus utama pemeriksaan yang meliputi uji boraks, hingga formalin. 

Selain berkaitan dengan diare, dr. Bambang juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan dengan benar saat mau mengonsumsi makanan.

“Pakai air sabun gosok di semua sisi. Kalau yang benar pakai sabun cair, kalau pakai sabun batang, gunakan yang dalam keadaan kering kalau basah ada air tergenang itu media kuman,” kata dia. 

Setelah itu, dia menyarankan untuk mengeringkan tangan. Untuk mengeringkan tangan dia meminta masyarakat untuk tidak menggunakan handuk yang sering digantungkan di area wastafel di toilet umum. 

“Jangan pakai handuk bersama di toilet ini biasanya bahaya. Karena banyak lembab dan bisa menjadi media penularan bakteri. Pakai pengering tangan atau bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung, bagus kalau ada tisu,” kata dia. 

loading...
Muat Lainnya...