Sering Konsumsi Makanan Manis Picu Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi kue Lebaran.
Sumber :
  • Pixavay/congerdesign

VIVA – Bau mulut saat berpuasa biasanya cukup menganggu, apalagi bila bertahan selama seharian. Meski begitu, bau mulut dapat disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit tertentu atau makanan yang dikonsumsi.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Menurut dokter gigi spesialis penyakit mulut, drg. Febrina SpPM bau mulut atau halitosis dapat bersumber dari dalam mulut. Biasanya masalah yang kerap hadir antara lain adanya gigi berlubang, karang gigi, radang gusi, kelainan jaringan peridontal, sariawan, mulut kering sehingga air ludah atau saliva kurang.

"Juga sumber di luar mulut (seperti kelainan pencernaan, kelainan THT, penyakit gula (diabetes mellitus), penyakit ginjal, dan penyakit sistemik lainnya)," ujarnya, Senin 27 April 2020.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Sama halnya pada makanan tertentu yang juga membuat bau mulut seperti jengkol, pete, bawang mentah atau bawang bombay. Tetapi, banyak yang tak menyadari bahwa jenis makanan lainnya juga dapat memberi dampak yang sama.

"Hindari terlalu banyak makanan yang manis-manis dan lengket, karena sulit dibersihkan saat sikat gigi. Setop kebiasaan merokok," kata dia.

5 Takjil yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Merokok juga dapat menimbulkan bau mulut karena di rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang bisa menempel di mulut dan gigi dalam waktu yang lama. Maka, untuk mencegahnya, selain menghindari makanan dan kebiasaan buruk itu, dianjurkan banyak konsumsi air putih.

"Banyak konsumsi air putih, saat berbuka puasa dan sahur. Konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur. Pilihan buah yang banyak mengandung air," paparnya

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024