Pakar Sarankan Sahur Mendekati Adzan Subuh, Ini Alasannya

Makan sahur sehat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Puasa ramadan dimulai sejak sahur dilakukan hingga saat adzan maghrib berkumandang untuk berbuka. Meski sudah dilakukan setiap tahun, banyak masyarakat yang belum mengetahui waktu sahur ideal yang baik bagi tubuh.

Lezatnya Menu Sahur Keluarga Bimbim Slank

Dikatakan ahli gizi Seala Septiani M.Gizi, selama puasa ramadan, pola makan tak jauh berbeda dari hari-hari biasa. Perbedaan hanya terletak saat jadwal makan siang ditiadakan serta waktu sarapan dimulai lebih awal. Lantas, kapan waktu ideal untuk memulai sahur saat berpuasa?

"Sebaiknya sahur didekatkan dengan imsak atau azan subuh sehingga tubuh kita tidak terlalu lama menahan lapar. Berbagai penelitian menunjukkan berpuasa rutin selama 10-12 jam dapat memberi manfaat positif bagi tubuh kita," katanya kepada VIVA, dikutip Senin 4 Mei 2020.

Panas, Ali Ngabalin Vs Mustofa Nahrawardaya soal Toa Masjid

Manfaat secara kesehatan, salah satunya, sudah terbukti baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Tak hanya itu, Seala juga menuturkan dengan berpuasa dapat membuat pola makan menjadi lebih teratur.

"Positifnya, jadwal makan kita menjadi sangat teratur dalam sebulan ini , ada waktu sahur ada waktu berbuka. Semestinya memberikan efek positif pada metabolisme tubuh," kata Seala.

Profil Zaskia Adya Mecca Artis Kritik Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid

Terkait seluk beluk gizi tersebut, Seala menekankan pentingnya peran ahli gizi yang sering disalahartikan oleh masyarakat. Saat ini, dikenal 3 jenis pendidikan gizi, pertama adalah pendidikan akademik yaitu, Sarjana Gizi (S-1), Magister Gizi (S-2), dan Doktor Gizi (S-3).

Kedua adalah pendidikan vokasi yaitu, Ahli Madya Gizi (D-3) dan Sarjana Terapan Gizi (D-4). Dan yang ketiga adalah pendidikan profesi yaitu pendidikan Dietisien. 

"Profesi gizi, merujuk pada nomenklatur pendidikan profesi, maka yang dimaksud dengan profesi gizi adalah seseorang yang telah lulus pendidikan sarjana gizi dan dietesien. Profesi Gizi diberi gelar Dietisien / Registered Dietisien (RD)," tutur Ketua Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Muh. Nur Hasan Syah, S.Gz, M.Kes., di kesempatan terpisah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya