Resep Sahur Enak dan Praktis, Cuma 15 Menit!

Makanan udang
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menu sahur di bulan Ramadhan tentunya tak boleh kalah nikmat dan menggiurkan. Tapi, minimnya waktu untuk memasak dan mengolah bahan makanan, membuat banyak orang bingung memilih variasi menu untuk sahur.

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Sehat dan Nyegerin untuk Berbuka Puasa

Maka dari itu, resep-resep praktis untuk sahur sangat dibutuhkan agar tetap sehat dan nikmat. Tim VIVA sudah merangkum tiga resep praktis nan lezat untuk dicoba saat sahur. Selain itu, durasinya yang enggak lebih dari 15 menit juga makin memudahkan momen sahur selama Ramadhan.

Udang Asam Pedas

Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Resep ini diolah oleh salah satu juri Masterchef Indonesia, Chef Arnold. Bahan-bahannya juga cukup praktis antara lain udang, garam, saus tomat dan sambal, bawang bombay, daun bawang, dan bawang putih, tepung maizena, dan cuka.

Step 1: bersihkan udang dan Iumuri dengan garam untuk menghilangkan kadar air berlebih, sisihkan. 

Resep Simpel Es Teler Campur Kelapa Muda yang Cocok Buat Buka Puasa

Step 2, membuat saus asam pedas: siapkan 1/4 bawang bombay (tumis dengan api keciI/low heat) hingga teksturnya soft, warnanya lebih transparan; tambahkan 1,5 sdm saus tomat, 1 1/2 sdm saus sambal, masak hingga sedikit mendidih, sampai minyak jadi satu dengan bumbu dan sampai warna menjadi sedikit kegelapan; masukkan satu bawang putih yang sudah dicincang; tambahkan gula secukupnya hingga larut ke dalam saus; tambahkan air secukupnya dan pastikan saus sudah kental. Tambahkan air secukupnya dan pastikan saus tidak gosong dengan mengaduk, besarkan api; tambahkan 1 sdm cuka; tambahkan tepung maizena secukupnya (optional jika mau saus Iebih mengental). 

Step 3: bilas udang yang telah dibumbui garam tadi; siapkan tepung maizena, tambahkan sedikit garam, aduk rata. Masukkan udang ke dalam tepung maizena; aduk rata, pastikan setiap udang tercover dengan baik. Siapkan minyak dengan api besar hingga minyak panas, baru kecilkan api menjadi medium heat, goreng udang dengan cara dicelupkan satu persatu ke minyak.

Step 4: siapkan saus asam pedas tadi, masukkan udang dan aduk hingga rata. 

Step 5: untuk garnish, siapkan daun bawang diiris tipis, rendam di air supaya lebih crunchy dan crispy, supaya menjadi tidak terlalu pedas. Bisa menggunakan paprika atau cabai.

Tempe Katsu

Chicken Katsu merupakan menu populer bukan hanya di Jepang, tapi di seluruh dunia. Kali ini finalis Masterchef, Devina Hermawan, mengganti bahan utamanya yang dari ayam, menjadi tempe. Jauh lebih ekonomis dan tetap cocok untuk lidah orang Indonesia. Lapisan luarnya yang renyah dan gurih dipadukan dengan saus asam pedas yang lezat (boleh juga pakai saus Tonkatsu).  

Bahan tepung basah: 1 butir telur, 2 siung bawang putih, 3 sdm santan, 4-5 sdm tepung terigu, Merica, garam, gula, kaldu / penyedap sesuai selera 

Bahan saus asam pedas: 2 sdm margarin / olive oil,  2 sdm saus barbeque / tomat 1 sdm minyak wijen, 2 sdm saus tiram, 2 sdm kecap inggris, 1 sdm saus sambal, 1/2 bawang bombai, 2 siung bawang putih, cabai rawit sesuai selera, gula, garam, cuka sesuai selera, air secukupnya, tepung maizena (optional).

Bahan lainnya: 1 papan tempe, 150 gr tepung roti, Minyak goreng secukupnya 

Step 1: Potong tempe ukuran sekitar 2 x 2 x 3 cm lalu pipihkan. Buat adonan basah, haluskan bawang putih, bumbui dengan sedikit garam. Masukkan dalam wadah. Masukkan telur, santan, tepung terigu, merica, garam, kaldu / penyedap, dan gula. Aduk rata. Celupkan tempe ke adonan basah lalu gulingkan ke tepung roti. Pastikan permukaan tempe terlapisi sempurna. Goreng tempe hingga warnanya cokelat keemasan 

Step 2: Buat saus asam pedas. Iris bawang bombai, cabai rawit, dan geprek bawang putih. Masukkan dalam wadah Masukkan saus barbeque, saus tiram, kecap inggris, saus sambal, dan minyak wijen. Aduk rata. Tambahkan tepung maizena jika perlu. Masukkan olive oil / margarin ke pan. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga kecokelatan. Masukkan cabai rawit dan campuran saus tadi. Tambahkan air, lalu cicipi. Tambahkan sedikit cuka, masak hingga saus mengental.

Beef Teriyaki

Restoran cepat saji makanan bergaya Jepang ternama di Indonesia, HokBen, dalam usianya yang ke 35 tahun, meluncurkan produk HokBen dalam kemasan “Ready To Heat” yang siap untuk dinikmati pelanggan dirumah hanyadengan memanaskannya terlebih dahulu. Ada 3 varian produk Ready To Heat, yaitu: Beef Teriyaki, Beef Yakiniku dan Chicken Teriyaki, dengan ukuran masing–masing 200 gram.

"Menjawab kebutuhan pelanggan terutama pada saat harus #DirumahAja, sekarang semua bisa “masak” sendiri HokBen Teriyaki dan Yakiniku. Praktis sekali cara menyiapkannya, tinggal dipanaskan dengan cara direbus, steam atau microwave, lezatnya Beef Teriyaki, Beef Yakiniku serta Chicken Teriyaki khas HokBen siap dinikmati bersama keluarga dan kerabat," ujar General Manager Marketing PT. Eka Bogainti (HokBen), Francisca Lucky

Rasa dan kualitasnya sama dengan menu yang disajikan di restoran HokBen. Jangan khawatir, semua proses telah melalui quality control sehingga aman untuk dikonsumsi. Dijual dengan harga mulai dari Rp49.000,- (sudah termasuk pajak) untuk menu Chicken Teriyaki dan Rp69.000,- (sudah termasuk pajak) untuk menu Beef Teriyaki dan Beef Yakiniku.

Menu Ready To Heat saat ini tersedia di seluruh gerai HokBen area Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa

Timur & Bali. Bento Ramadan juga hadir dengan Harga yang Special Hematnya, mulai dari 25-ribuan per-orang. Terdiri dari Paket Berdua, Berempat dan Paket Lengkap Berempat (Family Meal) yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga di rumah tanpa harus datang ke gerai HokBen melalui layanan Take Away, HokBen Apps & Web, Drive Thru dan Delivery, serta mitra online kami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya