Ini Trik Cegah Kalap Saat Buka Puasa

Makan banyak
Sumber :
  • Genius Beauty

VIVA – Setelah seharian berpuasa, tak sedikit yang kalap ketika melihat makanan saat buka puasa. Selain berbahaya untuk lambung, kalap saat berbuka memicu berat badan bertambah. Hati-hati, lebaran malah jadi lebaran!

Ada Subvarian Omicron BA2, Luhut: Pemerintah Semakin Berhati-hati

Dikatakan spesialis gizi klinis, dr. Kristina Joy SpGK., bahwa berbuka puasa yang tinggi kalori dapat memicu berat badan bertambah. Hal ini biasanya terjadi akibat terlalu semangat berbuka dan tak melihat jenis-jenis makanan yang kalorinya rendah.

"Kalau berbuka minum air putih dulu yang kalori rendah. Tapi biasanya kalap setelah puasa seharian, cegahnya dengam minum air putih dulu agar lapar sedikit berkurang," ujar Kristin, dalam Hidup Sehat tvOne, Senin 11 Mei 2020.

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan pada 1 April 2022

Disarankan juga agar mengawali berbuka dengan kurma di mana meski mengandung gula tapi seratnya banyak untuk bantu pulihkan tenaga lagi. Setelah itu, pemilihan sayur dan buah turut diutamakan agar menurunkan rasa lapar.

"Makanan tinggi gula maka kalori tinggi. Bukan cuma berat badan tapi kadar gula darah juga bertambah. Siasati dengan pemilihan makanan kaya gado-gado atau pecel, itu sayurannya lebih banyak jadi kalori dikit," tutur dia.

Jelang Ramadhan 2022, Mentan Pastikan Stok Pangan Aman

Untuk minuman selain air putih, tidak disarankan memakai sirup atau gula berlebih karena bisa membuat bobot tubuh lebih mudah bertambah. Menurut Kristin, buah sudah memiliki rasa manis dari gula alami yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

"Buah sudah manis, sudah enggak usah pakai gula atau sirup lagi. Kalaupun mau, boleh tapi santan dibuat encer dan gula aren bisa dipakai karena masih natural,  tapi jangan terlalu banyak," kata dia.

pentingnya menjaga lisan selama ramadhan

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Puasa tidak hanya untuk menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menahan segala hawa nafsu termasuk menjaga lisan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024