Sejumlah Daerah Gelar Salat Id Berjamaah, Ini Pesan Pakar Gugas Corona

Sejumlah Daerah Gelar Salat Id Berjamaah, Ini Pesan Pakar Gugas Corona

Selasa, 19 Mei 2020 | 22:49 WIB
Bukan cuma sekadar diminta jaga jarak
Ilustrasi salat berjamaah.
Photo :
  • Diki Hidayat

Ilustrasi salat berjamaah.

VIVA – Sejumlah daerah di Indonesia berencana menggelar salat Idul Fitri berjamaah. Hal ini tentu menimbulkan pro dan kontra di tengah wabah pandemi virus corona atau COVID-19.

Kepala Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis – Dept. Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM yang juga Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dr. Ceva Wicaksono Pitoyo SpPD-KP menganjurkan, bahwa masyarakat untuk sementara tetap melaksanakan ibadah di rumah, termasuk untuk pelaksanaan salat idul Fitri.  

"Mengenai adanya rencana sejumlah daerah yang bakal menggelar salat Idul fitri berjamaah, prinsipnya masyarakat tetap jaga jarak. Tapi sudah ada imbauan, untuk tidak lakukan salat Id berjamaah," katanya lewat tayangan Indonesia Lawyer Club di tvOne dengan tema 'Lebaran ala Corona, Selasa malam, 19 Mei 2020. 

Demi mempercepat penghentian mata rantai virus corona, pihaknya juga berencana melakukan kerjasama dengan para tokoh agama termasuk juga dengan MUI, PGI, KWI untuk bisa membantu pemerintah mengajarkan masyarakatnya untuk peduli dengan wabah ini.

"Kita berencana juga kerjasama dengan MUI PGI, KWI untuk bisa ajarkan masyarakatnya memahamkan bahwa, agama ini membutuhkan kepedulian," ujar Dr Ceva. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler