Daftar 80 Lokasi Rukyatul Hilal Awal Bulan Syawal 1441 H

Daftar 80 Lokasi Rukyatul Hilal Awal Bulan Syawal 1441 H

Jumat, 22 Mei 2020 | 16:03 WIB
"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020"
Ilustrasi Pengamatan hilal
Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Ilustrasi Pengamatan hilal

VIVA – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1441 Hijriah pada 22 Mei 2020 dan Rukyatul Hilal di 80 titik pemantauan di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sidang Isbat tahun ini digelar mengikuti protokol kesehatan lantaran wabah COVID-19.

"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, di seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.go.id, Jumat 22 Mei 2020.

Agus Salim melanjutkan, peserta dari unsur pimpinan ormas Islam juga akan diundang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan.

Dijelaskan Agus, tahapan sidang Isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu. Sessi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag  Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari  80 titik di seluruh Indonesia.   

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferens dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata dia. 

Berikut ini daftar lokasi rukyatul hilal awal Syawal 1441H/2020M:

1. Aceh: a) Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; b) Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; c) Aceh Jaya Gunung Cring Cran; d) Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; e) Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang; f) Simeulue, Pantai Teluk Dalam; g) Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang

2. Sumatera Utara: BMKG Wil I Medan 

3. Sumatera Barat: Gedung Shelter Masjid Nurul Huda Parupuk Tabing.

4. Riau: Hotel Premier Pekanbaru

5. Kepulauan Riau: Bukit Cermin

6. Jambi: Hotel Odua Weston

7. Sumatera Selatan: Hotel Aryaduta

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler