Mobil Ditinggal Mudik, Jangan Lepas Kabel Aki - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 23 Mei 2019 | 14:09 WIB

Mobil Ditinggal Mudik, Jangan Lepas Kabel Aki

Cara itu tidak direkomendasikan
Aki mobil
Photo :
  • Youtube

Aki mobil

VIVA – Tidak semua orang menggunakan mobil pribadi, saat mudik ke kampung halaman. Ada yang memanfaatkan pesawat udara atau kereta api, terutama mereka yang bepergian sendiri atau berdua saja.

Bagi yang meninggalkan mobil di rumah atau tempat penitipan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Tujuannya, agar kendaraan Anda tetap aman, meski ditinggal mudik.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, yang pertama, pastikan lokasi parkir mobil aman. Dalam artian, ada petugas penjaga lingkungan di area tersebut.

“Bukan parkir di pinggir jalan. Lalu, pasang alat pengaman, baik alarm maupun kunci setir tambahan,” ujarnya kepada VIVA, Kamis 23 Mei 2019.

Jika mobil harus parkir di luar ruangan, jangan lupa tutup dengan selimut mobil atau cover, agar bodi terlindungi dari kotoran burung dan debu. Jika parkir di dalam ruangan, tidak ada salahnya juga melakukan hal itu, untuk menghindari kotoran cicak menempel di cat.

“Letakkan mobil di tempat yang ada atapnya, atau dikasih penutup. Pastikan tidak ada peranti atau lampu mobil yang menyala saat ditinggalkan,” tuturnya.

Meski banyak yang menyarankan untuk melepas aki, namun Bambang menganggap, hal itu tidak perlu saat mudik kurang dari dua pekan.

“Tidak direkomendasikan lepas aki, karena alarm mobil tidak berfungsi. Mudik biasanya tidak lebih dari 10 hari,” kata dia.

loading...
Muat Lainnya...