Meski Sederhana, Cara Ini Bisa Bikin Mudik Naik Mobil Jadi Nyaman - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Minggu, 26 Mei 2019 | 10:33 WIB

Meski Sederhana, Cara Ini Bisa Bikin Mudik Naik Mobil Jadi Nyaman

Bisa pilih modifikasi, atau ganti model.
Jok model captain seat.
Photo :
  • Motortrend

Jok model captain seat.

VIVA – Tahun ini, para pemudik diprediksi banyak yang menggunakan alat transportasi pribadi. Alasannya sederhana, harga tiket pesawat terbang cukup menguras kantong, terutama jika pulang ke kampung beramai-ramai.

Mudik menggunakan mobil ke arah timur Jawa kini juga semakin mudah, berkat sudah tersedianya Tol Trans Jawa. Waktu tempuh menjadi lebih singkat, dengan catatan tidak terjadi penumpukan kendaraan di titik-titik keluar tol.

Agar perjalanan menjadi lebih nyaman, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memastikan kondisi mesin prima, hingga menambahkan perangkat hiburan yang mumpuni. Namun, jangan lupakan juga kenyamanan tubuh.

Meski pabrikan sudah merancang jok dengan tingkat ergonomis yang tinggi, tapi terkadang hal itu dirasa belum cukup untuk mencegah penat selama perjalanan. Itu sebabnya, ada beberapa pemilik mobil yang mengganti tempat duduk dengan model lain.

Jok mobil karya penjahit Kebon SIrih.

Salah satu model jok yang masih jadi tren saat ini, adalah captain seat. Biasanya, kursi ini dipasang di mobil-mobil keluarga kelas atas. Keunikannya, tersedia sandaran tangan, mirip seperti kursi pesawat.

Para pedagang jok mobil di kawasan Kebon SIrih, Jakarta Pusat, bisa dikunjungi jika ingin memasang jok model ini. Ada yang buatan lokal, ada juga yang langsung diambil dari pabrik.

”Untuk mengubah jok bawaan mobil, tarifnya sekitar Rp2,5 jutaan, kalo jok bikin di kami, bisa sekitar Rp4 jutaan.” ujar karyawan toko Maju Jaya. Wahyu saat disambangi VIVA, Minggu 26 Mei 2019.

Meski demikian, Wahyu mengatakan bahwa tidak banyak yang mau memodifikasi jok asli mobilnya. Konsumen lebih memilih untuk mengganti jok dengan model lain.

“Kalau dijual, enggak banyak pembeli yang suka  jok modifikasi. Jadi, pemilik bisa pasang jok lama saat mobil mau dilepas,” tuturnya.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

Muat Lainnya...