Resep: Kentang Panggang yang Bikin Ngiler Buat Sahur dan Buka Puasa

Kentang Panggang
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Di bulan Ramadhan seperti saat ini, para ibu biasanya sering merasa bingung, ingin memasak apa untuk santap sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. 

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Gorengan dan juga kudapan seperti kue basah, mungkin nikmat, tapi harus diingat, bagaimana kandungan nutrisinya untuk keluarga, apakah memenuhi kebutuhan energi, terutama untuk si kecil?

Perlu diketahui, lewat rilis yang diterima VIVA, dalam sehari, kebutuhan energi rata-rata adalah 2000 kkal/hari. Ahli Gizi, Yulaika Widhiastuti, pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin danmineral yang cukup setiap harinya," kata Yulaika. 

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Zat gizi ini diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang yang mendukung pertumbuhan sang anak. Salah satu zat gizi tersebut tersedia dalam margarin yang mengandung omega 3 dan 6 serta berasal dari sumber lemak nabati yang baik. 

Omega 3 dan 6 merupakan asam lemak esensial, yang berarti tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri-sendiri sehingga diperlukan asupan dari luar, yaitu makanan. 

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

Saat berpuasa Ramadhan, kebutuhan energi yang dibutuhkan tiap orang sebenarnya sama dengan bulan-bulan lainnya. Hanya saja, waktu makannya yang berubah jadwalnya, yakni saat sahur dan setelah berbuka puasa. "Penting untuk tetap memenuhi kebutuhan energi melalui makanan bernutrisi setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan kuat," tambah Yulaika. 

Nah, jika ibu sudah tahu pentingnya makanan, mungkin bisa lebih terpacu untuk mempersiapkan menu sahur dan berbuka dengan memperhatikan kandungan gizinya. 

Sebagai rekomendasi, para ibu bisa mengolah kentang menjadi menu lezat dan untuk berbuka dan sahur. Salah satunya, bisa diolah menjadi kentang panggang.

Mau tau bagaimana membuat kentang panggang yang menggugah selera? Berikut resepnya dari Blue Band.

Kentang Panggang

Bahan:
4 siung bawang putih, parut 1 sdt oregano bubuk
4 sdm Blue Band
1 sdm seledri, cincang
1⁄4 sdt garam
4 buah (@ 200 g) kentang bentuk panjang
100 g keju Mozarella, iris tipis
2 buah sosis, iris tipis
75 g keju cheddar parut
1 sdm seledri, cincang Pelengkap
Mayones
Saus sambal

Cara Membuat :
1. Ambil Blue Band. Aduk bawang putih dan oregano bersama Blue Band dalam panci kecil, panaskan di atas api kecil hingga tercampur dan berbau harum, sisihkan.
2.Taruh kentang di atas talenan, iris tipis sedalam 3⁄4 bagian jangan sampai putus (kentang tidak terpotong bagian bawahnya). Selesaikan untuk kentang lainnya
3. Cairan bawang putih pada kentang menggunakan kuas. Selipkan potongan keju mozzarella dan sosis di sela-sela irisan kentang. Taburi dengan keju cheddar parut
4. Panggang dalam oven pada suhu 200oC selama 45 menit hingga bagian luar kentang kering tetapi dalamnya lunak.
5. Setelah kentang matang, angkat. Taburi seledri cincang. Sajikan panas bersama bahan pelengkap.

Perlu diketahui, resep ini telah diuji di dapur Blue Band bersama Chef Dhani Kurnia dan Ahli Gizi Yulaika Widhiastuti. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya