Polisi di Solok Selatan Baca Alquran Satu Juz Setiap Hari

Jajaran aparat Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat membaca Alquran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Kegiatan yang dilakukan jajaran aparat Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat ini patut diapresiasi. Di tengah kesibukan sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat, mereka tak lupa kewajiban menjalankan ibadah. 

Ikhlas Terima Hujatan, Kartika Putri Ingatkan Netizen Pentingnya Baca Alquran

Pada bulan Ramadan 1440 hijriah ini, rutinitas ibadah mereka tingkatkan melalui sebuah program bernama “One Day One Juz” (satu hari satu juz). Program ini, yang digagas oleh Kapolres Solok Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Imam Yulisdianto, selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga bertujuan memberikan contoh keteladanan kepada masyarakat. 

Program One Day One Juz ini, sepertinya mengisyaratkan kalau aparat kepolisian tidak hanya piawai dalam urusan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, namun juga soal ibadah.

MasyaAllah, Anak Sekolah Dasar Ini Fokus Baca Alquran saat Dibonceng Motor

“One day one juz dilaksanakan di Polres dan Polsek-Polsek dijajaran Solok Selatan. Program ini kita lakukan usai apel pagi,” kata Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto, Senin 6 Mei 2019.

Menurut Imam, sebelum dimulai, program one day one juz ini, diawali terlebih dahulu dengan salat Duha. Setelah itu, baru seluruh personel membaca Alquran. 

Ibunda Aldila Jelita Minta Indra Bekti Taubat Pensiun Jadi Artis: Pesantren Aja Dulu

Pembacaan kitab suci Alquran dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada pagi hari setelah apel dan salat Duha. Sementara sesi kedua dibaca setelah salat Zuhur. Hal yang penting, target satu juz satu hari tercapai. Harapannya, di hari terakhir puasa Ramadan 1440 sudah khatam Alquran.

“Maksud tujuannya (one day one juz), agar melaksanakan puasa lebih khusuk, dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Melalui ini, kita juga ingin memberikan pengoyoman pada masyrakat sebagai suri tauladan,” kata Imam. (ren)

Ilustrasi mayat/jenazah.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Pria ini diketahui peserta lomba membaca Alquran dalam kategori dewasa. Dalam rekaman itu,meninggal usai mengikuti lomba di Masjid Nurul Ilmi Universitas Negeri Makassar.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024