Cari Loker dan Ingin Berkarir di Palembang? Ini 5 Tipsnya

Foto: Pexels.com
Sumber :

VIVA – Apakah kamu warga Palembang yang sedang mencari pekerjaan? Atau mungkin kamu berencana untuk berkarier di Palembang? Jika iya, maka kamu membuat  keputusan yang tepat! Palembang yang memiliki predikat sebagai Kota Kreatif 2019 dari Badan Ekonomi Kreatif akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya ekonomi kreatif.

Simak Syaratnya! Ada Ratusan Lowongan Kerja di Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Kini, banyak UMKM yang kian berkembang di sektor kuliner dan kerajinan tangan. Itu artinya, akan semakin banyak peluang menarik bagi kamu yang sedang mencari loker Palembang.

Tips Mencari Loker Palembang

Punya Skill di Atas Rata-rata, Wanita Ini Curhat Susah Dapat Kerja

Berikut adalah tips untuk kamu yang berniat membangun karier yang sukses di Palembang!

1. Cari tahu industri yang sedang berkembang

Disparekraf DKI Jakarta Sebut Syarat Lowongan Kerja Minimal Punya Iphone 13 Tak Mutlak

Tips pertama ketika mencari loker Palembang adalah untuk melakukan riset dan mencari tahu industri apa yang sedang berkembang di Palembang.

Nah, sebagai kota kreatif Palembang sedang mengembangkan sektor kuliner dan kerajinan tangan. Kamu yang punya passion di kedua industri ini punya peluang besar untuk membangun karier di sini. 

Dengan mendapatkan informasi terkait industri yang sedang berkembang, maka kamu akan lebih mudah menentukan arah karier yang kamu inginkan.

2. Cari informasi lowongan kerja di Palembang

Setelah mengetahui sektor industri yang bisa kamu selami lebih dalam, saatnya untuk mencari lowongan pekerjaan tersebut. Pastikan untuk mencari lowongan kerja lewat situs pencari kerja yang terpercaya seperti Glints.

Ada banyak lowongan pekerjaan yang akan kamu temukan. Ketahui betul apa yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan hasil yang kamu temukan.

Beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di Palembang dan bisa kamu pertimbangkan antara lain sales marketing, sales promotion, business development, business analyst, account manager, accounting, dan lain-lain. Perhatikan pula persyaratan serta deskripsi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

3. Siapkan dokumen yang diperlukan

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan untuk menyiapkan semua dokumen dengan lengkap. Adapun dokumen yang umumnya diperlukan adalah:

- Surat Lamaran Kerja & CV

Surat lamaran kerja umumnya berbentuk pernyataan singkat mengenai diri kamu dan keinginan kamu untuk melamar pekerjaan. Tidak semua perusahaan membutuhkan surat lamaran kerja.

Namun, biasanya setiap perusahaan akan meminta CV.CV adalah dokumen yang berisikan data diri kamu, kemampuan yang kamu miliki, riwayat pendidikan, prestasi, dan lain-lain.

- Foto Copy Ijazah & Transkrip Nilai

Sebagian perusahaan memiliki persyaratan termasuk tingkat pendidikan bagi calon pekerja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyertakan ijazah & transkrip nilai yang dapat membuktikan jenjang pendidikan serta kemampuan kamu yang mendukung gelar kamu tersebut. Tak jarang juga, perusahaan membutuhkan ijazah yang telah dilegalisir.

- Fotocopy KTP

KTP adalah dokumen wajib untuk disertakan ketika melamar kerja. Pastikan KTP kamu mudah terbaca dan memiliki data yang akurat dan sesuai.

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Beberapa perusahaan akan membutuhkan kamu untuk melampirkan SKCK atau dikenal juga dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik.

4. Riset Gaji dan UMR

Mungkin kamu merasa sangat membutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, jangan terlalu terburu-buru. Riset dulu rata-rata gaji dan UMR di industrimu.

Dengan cara ini, kamu bisa memperkirakan berapa yang seharusnya bisa kamu dapatkan. Sesuaikanlah kemampuan, deskripsi pekerjaan, dan tawaran gaji dari perusahaan nantinya. 

Jangan sampai kamu menerima di bawah yang seharusnya dengan load pekerjaan yang tidak sesuai, ya.

5. Jangan Ragu untuk Terus Mencoba

Tidak ada jaminan bahwa kamu akan langsung diterima di perusahaan pertama yang kamu lamar. Mencoba untuk beberapa kali merupakan hal yang wajar. Jangan sampai kamu bekerja untuk perusahaan yang kurang cocok untukmu. Cobalah terus mencari pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa membantumu dalam mencari loker Palembang. Supaya sukses mendapatkan kerja di Palembang, gunakan website lowongan kerja yang terpercaya seperti Glints. Ada ribuan peluang yang menunggu kamu setiap hari di Glints. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya