Milenial, Ini 9 Tips Pilih Kampus yang Tepat di Era Globalisasi

Ilustrasi Kampus Y.A.I.
Sumber :

VIVA – Mayoritas siswa SMA yang masuk kuliah pertama kali sangat antusias mendapat label mahasiswa. Tak ayal, banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan bagi para calon mahasiswa tersebut terutama dalam hal memilih kampus. 

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas

Lalu, apa saja tips dalam memilih kampus yang tepat bagi calon mahasiswa baru? Berikut adalah tips-tips memilih kampus yang tepat versi Y.A.I Campus:

1. Akreditasi

Hadirkan Perguruan Tinggi Berbasis Karakter, Universitas UAG Resmi Dilaunching

Hal ini harus menjadi pertimbangan utama mahasiswa dalam memilih kampus karena akreditasi dapat menjadi pertimbangan khususnya saat kamu memasuki dunia kerja. Tidak sedikit perusahaan yang menargetkan calon pekerjanya berasal dari kampus berakreditasi minimal B. Kampus yang telah terakreditasi baik pastinya memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan berkualitas. Akreditasi sendiri memiliki dua tipe yakni akreditasi BAN-PT untuk seluruh program studi dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Akreditasi BAN-PT untuk seluruh program studi dan Akreditasi Institusi berguna sebagai penjaminan mutu sebuah universitas & akreditasi ini sendiri bermanfaat saat nanti kalian ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil maupun perusahaan swasta.

2. Fasilitas dalam kampus & lingkungan sekitar

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

Ini dia yang paling penting, fasilitas. Pastikan kampusmu memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti lab, auditorium, parkiran, ataupun perpustakaan. Selain itu, fasilitas umum di sekitar kampusmu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan seperti stasiun terdekat ataupun halte bus agar nantinya kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan transportasi ke kampus.

3. Beasiswa

Hal lain yang patut kalian pertimbangkan saat memilih kampus yakni adalah program beasiswa. Kalian harus mencari tahu apakah kampus kalian memiliki beasiswa atau tidak? Beasiswa yang dimaksud dapat berupa beasiswa bebas uang pangkal, bebas uang kuliah, beasiswa prestasi, beasiswa bidik misi, ataupun beasiswa lanjutan bagi mahasiswa untuk jenjang yang lebih tinggi. Nah, jika informasi mengenai program beasiswa ini telah kalian ketahui, kalian bisa mempersiapkan diri agar kualifikasi kalian sesuai dengan syarat dan ketentuan beasiswa tersebut. Beasiswa ini juga bisa meringankan biaya kuliah, lho!

4. Program studi

Ini dia yang tidak kalah penting, program studi. Jika kalian berminat dengan kampus impian, perhatikan program studinya. Kampus yang baik tentunya memiliki program studi yang beragam seperti ilmu komunikasi, teknik, psikologi, akuntansi, ekonomi bisnis ataupun kelas internasional. Jika kalian hendak menentukan program studi mana yang tepat untuk kalian, hal pertama yang wajib kalian ketahui adalah minat dan bakat yang kalian miliki agar nantinya kalian tidak salah jurusan.

5. Lokasi kampus

Hal ini biasanya juga menjadi pertimbangan si calon mahasiswa sendiri, kenapa? Karena lokasi kampus yang strategis akan menunjang kebutuhan dan kemudahan bagi mahasiswa itu sendiri terutama saat menjalani perkuliahan. Jika kalian tinggal di kota besar seperti jakarta misalnya, alangkah baiknya jika kalian memilih kampus yang terletak di pusat kota. Kampus yang terletak di pusat kota tentunya akan memudahkan kalian dalam memilih transportasi yang tepat. Y.A.I Campus merupakan salah satu kampus yang terletak di pusat kota karena letaknya yang strategis.

6. Aktivitas kemahasiswaan

Keaktifan kamu di kampus nantinya juga bisa menjadi tolak ukur saat kamu bekerja, lho. Maka dari itu, pastikan kampus impianmu memiliki aktivitas kemahasiswaan yang beragam seperti organisasi kemahasiswaan, kegiatan olahraga maupun seni. Jika kampusmu memiliki banyak aktivitas kemahasiswaan, tentunya kamu akan memiliki pilihan kegiatan lain di luar dari kegiatan akademik perkuliahan.

7. Program waktu perkuliahan

Hal ini juga harus kalian perhatikan karena program waktu tentunya akan sangat membantu bagi kalian yang kuliah sambil bekerja ataupun bagi kalian yang rumahnya cukup jauh dari kampus. Nah, kampus yang baik tentunya juga memiliki banyak program waktu perkuliahan seperti kelas pagi, kelas malam, ataupun kelas karyawan. Program E-Learning juga menjadi nilai tambah karena kalian dapat mengambil jadwal kuliah tanpa perlu datang langsung ke kampus.

8. Program pembayaran uang kuliah

Kemudahan pembayaran uang kuliah tentunya merupakan hal yang diidam-idamkan banyak calon mahasiswa terutama bagi orang tuanya. Hal ini patut juga jadi pertimbangan kalian dimana kalian juga harus aktif cek ke kampus idaman kalian, apakah kampus tersebut memiliki kemudahan pembayaran uang kuliah dengan sistem cicilan ataupun pembayaran uang kuliah secara berkala setiap bulannya. Jikalau kampus yang kalian inginkan memiliki program di atas, ke depannya pasti akan meringankan orang tua kalian, lho!

9. Pelatihan dan Bursa kerja

Kampus yang baik biasanya akan menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan agar nantinya dapat memudahkan mahasiswanya dalam mencari lapangan pekerjaan. Nah, bursa kerja di kampus patut juga kamu perhatikan agar nantinya saat kamu menjalani magang ataupun saat kamu lulus kuliah, kamu tidak perlu bingung-bingung mencari kerja lagi. Bursa kerja di kampus sendiri biasanya bisa kamu cek secara online ataupun bisa dilihat di mading-mading yang terdapat di kampus.

Itulah tips-tips yang bisa kalian pertimbangkan dalam memilih kampus yang tepat. Pastikan selain kampus yang kalian pilih merupakan kampus idaman, kampus kalian juga memiliki sembilan faktor di atas seperti Y.A.I Campus. 

Dalam hal ini Y.A.I Campus yang terdiri dari 3 Lembaga Pendidikan Tinggi yaitu Universitas Persada Indonesia Y.A.I (UPI Y.A.I), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I (STIE Y.A.I) dan Akademi Akuntansi Y.A.I (AA Y.A.I) wajib menjadi pertimbangan kamu untuk memilih Y.A.I Campus karena sembilan poin di atas menginterpretasikan Y.A.I Campus.

Y.A.I Campus merupakan kampus yang sangat strategis karena berada di pusat kota dan Y.A.I Campus juga menyediakan Program Kelas Malam, Kelas Karyawan, Program Beasiswa, dan Kemudahan Pembayaran Kuliah secara cicilan lho! 

Kunjungi website Y.A.I Campus di www.yai.ac.id dan segera daftarkan diri kamu secara langsung maupun online di http://pmb.yai.ac.id atau hubungi ke bagian pendaftaran 021 – 391 6000 atau 0878 5333 1972 (whatsapp/telp).

Ikuti juga sosial media resmi Y.A.I Campus (Instagram: YAI_Campus, Twitter: YAI_Campus, Fan Page: YAI.Campus, dan Whatsapp: 0822 53331972) supaya kamu tidak ketinggalan informasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya