TNI Kuasai Lokasi Penembakan di Papua, Daus Mini Nikah Lagi

Prajurit TNI bersiap menaiki helikopter menuju Nduga di Wamena, Papua, Rabu, 5 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

VIVA – Berita soal personel gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) yang berhasil menguasai tiga distrik di Kabupaten Nduga, Papua Barat menjadi artikel yang paling banyak mendapat sorotan pembaca VIVA sepanjang Minggu, 9 Desember 2018.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Tiga distrik tersebut merupakan lokasi pembantaian pekerja jembatan proyek jalan Trans Papua sekaligus rute pergerakan kelompok separatis bersenjata di Papua pada Minggu, 2 Desember 2018 lalu. Adapun ketiga distrik itu, yakni Distrik Yall, Yigi dan Mbua.

Informasi resmi dari aparat menyebutkan, total ada 20 korban tewas pembantaian kelompok separatis bersenjata, terdiri atas 19 pekerja dan satu anggota TNI. Hingga kini 16 jenazah pekerja tewas telah berhasil dievakuasi, sedangkan tiga jenazah lain belum ditemukan.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Kata Philippe Troussier

Sementara berita kedua paling banyak dibaca adalah seorang oknum petugas perempuan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur yang membantu seorang narapidana Muhamad Said kabur dari penjara. Dari informasi yang beredar, oknum petugas perempuan itu telah menjalin asmara dengan narapidana tersebut. Dia juga terkena bujuk rayu sehingga membantu pelarian Said dengan iming-iming uang Rp2 miliar.

Sedangkan di posisi ketiga berita paling banyak dibaca adalah hasil kajian dari Setara Institute yang menempatkan Banda Aceh di urutan dua terbawah sebagai daerah dengan indeks toleransi terendah di Indonesia. Hal itu dianggap mengerdilkan pemberlakuan syariat Islam di Banda Aceh karena tak sesuai fakta.

6 Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Pernikahan Habib Rizieq

Selain tiga berita itu, ada berita soal Daus Mini yang menikah untuk ketiga kalinya dan viralnya pedagang ikan di pasar Kota Changhua, Taiwan yang memiliki wajah cantik dan tubuh seksi. Berikut ini daftar lengkap lima isu terhangat di VIVA sepanjang Minggu, 9 Desember 2018.

1. TNI Kuasai Tiga Distrik di Nduga, Ruang Gerak Separatis Kian Sempit

Prajurit TNI bersiap menaiki helikopter menuju Nduga di Wamena, Papua, Rabu, 5 Desember 2018.

Personel gabungan TNI-Polri sudah berhasil menguasai tiga distrik di Kabupaten Nduga, Papua Barat, yang menjadi lokasi pembantaian pekerja Trans Papua dan rute pergerakan kelompok separatis bersenjata. Ketiga distrik yang sudah dikuasai TNI adalah Distrik Yall, Distrik Yigi dan Distrik Mbua.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan TNI masih menyisir wilayah tersebut untuk mengejar para pelaku, sembari mencari tiga jenazah korban tewas lainnya yang hingga kini belum ditemukan.

"Di samping evakuasi, kita juga melakukan penindakan hukum, sebagaimana perintah Panglima TNI pelaku harus ditangkap hidup atau mati," kata Kolonel Aidi kepada tvOne, Minggu, 9 Desember 2018. Baca selengkapnya di sini

2. Dijanjikan Rp2 Miliar, Petugas Wanita Bantu Napi Cipinang Kabur

Ilustrasi-Narapidana

Seorang narapidana bernama Muhamad Said kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. Menurut informasi, napi ini melarikan diri pada Jumat, 7 Desember 2018.

Diduga pelarian narapidana seumur hidup itu dibantu seorang perempuan yang merupakan petugas di Lapas Kelas I Cipinang.

"Diduga ada itu (bantuan si oknum perempuan)," kata Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang, Oga G Darmawan saat dikonfirmasi VIVA, Minggu, 9 Desember 2018. Baca selengkapnya di sini

3. Setara Institute Dinilai Kerdilkan Syariat Islam di Banda Aceh

Kampung keberagaman di Pasar Peunayoung, Banda Aceh.

Setara Institute dikritik karena menempatkan Kota Banda Aceh menjadi daerah yang indeks toleransinya terendah di Indonesia. Banda Aceh ditempatkan nomor dua terbawah setelah Tanjung Balai versi Setara Intitute.

Kajian dari Setara Institute tersebut diprotes anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Irwansyah. Ia menilai hasil itu tak memiliki dasar lantaran menuding Banda Aceh tidak toleran. Kajian Setara dinilai tak sesuai fakta.

Menurut dia, ada upaya Setara Institute mengkerdilkan pemberlakuan Syariat Islam di Banda Aceh. Bahkan ia mempertanyakan apakah Setara Institute datang langsung ke Banda Aceh untuk melihat kondisi Banda Aceh saat ini. Baca selengkapnya di sini

4. Sekali Tarikan Napas, Daus Mini Sah Jadi Suami Orang Lagi

Daus Mini saat ijab kabul.

Komedian Daus Mini akhirnya melepas status duda. Dia resmi menikahi Selvia Hani Wijaya hari Minggu pagi, 9 Desember 2018 di Gedung Aisyiyah, Depok, Jawa Barat. Dengan sekali napas, pemilik nama lengkap Ahmad Firdaus itu dengan mantap mengucapkan ijab kabul di depan ayahnya Selvia, Cecep Wijaya.

Adapun mahar yang diberikan berupa perhiasan 11 gram emas dan seperangkat alat salat. Akad nikah dipimpin oleh penghulu, Ustaz H. Muhammad."Ya Ahmad Firdaus, saya nikahkan dan kawinkan engkau kepada putri kandung saya Selvia Hana Wijaya dengan mas kawin perhiasan mas 11 gram dan seperangkat alat salat dibayar tunai," kata Cecep. Baca selengkapnya di sini

5. Viral Pedagang Ikan di Pasar Berpenampilan Seksi

Liu, tukang ikan cantik di Taiwan.
Jagat maya kini tengah dihebohkan dengan sosok penjual ikan cantik yang menggelar dagangannya di pasar. Wanita itu sukses mencuri perhatian karena kecantikan dan keseksiannya, hingga menjadi banyak buah bibir warganet.

Wanita itu bernama Liu Pengpeng, 26 tahun. Namanya mudah ditemukan saat Anda berkunjung ke pasar ikan di Kota Changhua, Taiwan. Liu sering terlihat di pasar lantaran kerap membantu ibunya yang mengelola kios ikan. Kegiatan itu dilakukan saat profesinya sebagai model sepi aktivitas.

Kini Liu semakin populer saat para pengunjung pasar kerap memfoto dan mengunggahnya ke media sosial. Demikian seperti dilansir Shanghaiist, Minggu, 9 Desember 2018. Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya