Rommy Seret Gubernur Khofifah hingga Kejanggalan Larangan Ezra Walian

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, M. Romahurmuziy, jadi tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Penyidikan kasus dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama terus bergulir. Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy yang ditetapkan sebagai salah satu tersangka perkara tersebut, menjalani pemeriksaan di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Jumat, 22 Maret 2019.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Sebelum menjalani pemeriksaan, Rommy sempat menuturkan bahwa ia hanya membantu mempromosikan orang yang dianggap layak menjabat kepala Kantor Wilayah Jawa Timur. Ia sempat menyebutkan bahwa nama Haris Hasanuddin direkomendasikan, salah satunya oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pernyataan Rommy, sapaan Romahurmuziy, itu sangat membesut perhatian pembaca VIVA. Berita tersebut menduduki tangga nomor satu berita terpopuler.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Ketua Umum PPP Romahurmuziy meninggalkan Gedung KPK, Sabtu, 16 Maret 2019.

Berita populer lainnya datang dari dunia politik. Kali ini, terkait calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Dalam acara deklarasi 10.000 pengusaha dan pekerja yang menyatakan dukungan kepada calon 01, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengajak untuk tidak golput.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Dengan berseloroh, Jokowi memberi perbandingan antara dirinya dengan pesaingnya calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. "Bapak ibu, mau memilih yang didukung oleh organisasi-organisasi yang itu? Mau? Mau?" kata Jokowi disambut riuh para hadirin.

Selain itu juga ada berita soal pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pesepakbola Ezra Walian, dan Suzuki Ertiga Sport yang menjadi berita populer.

Berikut ini lima berita terpopuler di laman VIVA, Jumat, 22 Maret 2019:

1. Rommy Seret Gubernur Jatim Khofifah dan Pimpinan Ponpes

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, M. Romahurmuziy alias Rommy, mengaku hanya membantu mempromosikan orang yang dianggap layak menjadi Kepala Kantor Wilayah Jawa Timur.

Menurut Rommy, itu hanya sekedar menyampaikan aspirasi. Terlebih, Haris Hasanuddin sebelumnya direkomedasikan salah satunya oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Pemeriksaan Perdana Romahurmuziy

"Contoh saudara Haris Hasanuddin. Memang dari awal, saya menerima aspirasi itu dari ulama seorang Kiai, Kiai Asep Saifuddin Halim. Dia seorang pimpinan pondok pesantren besar di sana, dan kemudian Ibu Khofifah Indar Parawangsa, misalnya. Beliau gubernur terpilih, yang jelas-jelas mengatakan, 'Mas Rommy, percayalah dengan Haris, karena Haris ini orang yang pekerjaannya bagus'," kata Rommy, seraya menirukan pernyataan Khofifah di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat 22 Maret 2019. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Jokowi: Mau Memilih yang Didukung Organisasi yang Itu, Mau?

Calon Presiden Jokowi meminta kepada semua pendukungnya untuk mengajak masyarakat berbondong- bondong datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

sorot kegiatan relawan Jokowi

Jokowi menyatakan hal itu saat berpidato di acara deklarasi 10.000 pengusaha dan pekerja yang baru saja menyatakan dukungan kepada calon 01. "Jangan biarkan satu orang pun golput. Karena ini menentukan arah negara kita ke depan," kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis malam 21 Maret 2019.  Simak berita selengkapnya di sini.

3. Haru Biru Sandiaga Uno Didukung 1000 Pengusaha

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku bersyukur telah mendapat dukungan dari 1.000 pengusaha yang tergabung dalam Aliansi Pengusaha Nasional. 

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno usai debat cawapres.

Menurutnya, dukungan itu merupakan bentuk jawaban atas doa-doanya selama ini. "Saya sangat terharu, saya berdoa dari 8 Agustus sampai tiga, empat hari yang lalu, mudah-mudahan sahabat saya berjuang untuk menjadikan Indonesia menang, adil makmur. Alhamdulillah doa tersebut terjawab," kata Sandi di acara deklarasi dan rekomendasi Aliansi Pengusaha Nasional tersebut di Djakarta Theater, Kamis 21 Maret 2019. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kejanggalan Larangan Ezra Walian Bela Timnas U-23

Timnas Indonesia U-23 sedang dipusingkan dengan status Ezra Walian. AFC mempertanyakan status Ezra di Timnas U-23, lantaran sebelumnya sudah membela Timnas Belanda U-17 dalam gelaran kualifikasi Piala Eropa 2013.

Striker Timnas U-22, Ezra Walian bersama suporter di SEA Games 2017.

Ada dua pertandingan yang dilakoni Ezra bersama Belanda U-17 di kualifikasi Piala Eropa, melawan San Marino pada 19 Oktober 2013 dan Georgia, tiga hari berselang. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Gagahnya Suzuki Ertiga Sport, Harga Lebih Murah dari Xpander

Setelah meluncurkan Ertiga dengan fitur baru di Februari 2019, PT Suzuki Indomobil Sales kembali merilis Ertiga Sport. Mobil keluarga tersebut memiliki tampilan eksterior lebih sporty, dan beberapa fitur baru.

Deputy Managing Director SIS divisi roda empat, Setiawan Surya mengatakan, penyematan konsep Suzuki Sport pada All New Ertiga, adalah untuk memenuhi selera pasar. Terlebih, bagi mereka yang menginginkan mobil keluarga dengan tampilan sporty dan fitur modern. Simak berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya