Kivlan Zen Dicekal, Autopsi Jenazah KPPS hingga Khikmawan Meninggal

Seorang penyidik menyampaikan surat panggilan kepada Kivlan Zen.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Artikel soal mantan Kepala Staf Kostrad, Mayjen (Purn) Kivlan Zen yang sempat dicegah ke luar negeri oleh Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas permintaan Markas Besar Polri menjadi berita yang paling banyak mendapat sorotan dari pembaca VIVA pada Sabtu, 11 Mei 2019.

KPU Lapor DPR Ada 181 Anggota PPK, PPS dan KPPS Meninggal Dunia Selama Pemilu 2024

Pencekalan tersebut dilakukan saat Kivlan akan terbang meninggalkan Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta di Banten ke Brunei Darussalam lewat Batam. Pihak kepolisian pun berencana memanggil Kivlan pada Senin, 13 Mei 2019 mendatang atas kasus dugaan penyebaran berita bohong dan makar.

Sementara itu, artikel kedua paling banyak dibaca tentang Ketua Umum Dokter Indonesia (IDI) Daeng Muhammad Faqih yang sepakat untuk dilakukan autopsi terhadap jenazah petugas pemilu 2019 supaya lebih valid mengetahui penyebab kematian mereka. Hal ini karena petugas yang meninggal sampai lebih dari 500 jiwa hingga menimbulkan tanda tanya.

Bawaslu Catat 12.284 TPS Pemilu 2024 Tak Punya Alat Bantu Disabilitas Netra

"Dari segi keilmuan kedokteran untuk mengetahui yang paling valid penyebab kematian itu, memang paling tinggi itu dengan autopsi jenazah," kata Daeng.

Di urutan ketiga berita paling banyak dibaca, yakni pebulutangkis ganda putra peringkat 1 dunia, Kevin Sanyaja Sukamuljo yang kehilangan tas besarnya berisi dompet dan barang berharga saat latihan di Tempat Pelatihan Nasional (Pelatnas) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia di Cipayung, Jakarta Timur.

Saksi PKB Di-Skakmat Ketua KPU saat Sebut Anggota KPPS Disuap

Tas tersebut hilang saat Kevin keluar ruangan untuk menyambut artis Natasha Wilona. Teman duet Marcus Fernaldi Gideon ini baru menyadari tasnya hilang ketika akan meminjamkan raket ke Natasha.

Selain tiga berita tersebut, berita lain yang juga ramai, tentang meninggalnya penata suara film-film top di Indonesia, Khikmawan Santosa dalam kecelakaan di Puncak, Jawa Barat pada Sabtu dini hari. Berita lainnya, soal pengumuman hasil investigasi kematian petugas KPPS di empat provinsi.
 
Berikut ini daftar lengkap lima isu terhangat di VIVA sepanjang Sabtu, 11 Mei 2019.

1. Dicegah ke Luar Negeri, Kivlan Zen Batal ke Brunei

Seorang penyidik menyampaikan surat panggilan kepada Kivlan Zen.

Markas Besar Polri telah mengirimkan permintaan ke Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mencegah mantan Kepala Staf Kostrad, Mayjen (Purn) Kivlan Zen, ke luar negeri. Akibatnya, Kivlan harus tetap berada di Tanah Air.

"Dia dicekal kok. Ya dicekal (ke luar negeri)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Mei 2019.

Argo menegaskan bahwa pencegahan sudah lewat prosedur yang ada. Surat pencegahan telah dikirim ke Imigrasi. "Ya. Sudah dikirim (ke Imigrasi)," ujarnya.

Berita selengkapnya, baca di sini

2. Ketua IDI: Autopsi Jenazah KPPS Valid Ungkap Penyebab Kematian
Petugas KPPS meninggal dunia.

Banyaknya petugas pemilu 2019 yang meninggal dunia hingga melebihi angka psikologis 500 jiwa menimbulkan tanda tanya. Opsi autopsi jenazah petugas pemilu ini menjadi tuntutan dari sejumlah dokter untuk mengetahui penyebab kematian.

Dokter pelapor kasus kematian petugas pemilu, Zulkifli mengatakan, petugas pemilu yang meninggal itu lebih layak disebut sebagai korban demokrasi, ketimbang pahlawan demokrasi. Karena, mereka dinilai menjadi korban dari sistem demokrasi yang salah.

"Ironi buat saya sebagai aktivis kebangsaan, mengatakan ini pahlawan demokrasi. Kalau saya mengatakan, ini korban demokrasi, itulah kenapa saya melaporkan ke bareskrim," ujar Zulkifli saat dialog dalam progaram Apa Kabar Petang di tvOne, Jumat, 10 Mei 2019.

Berita selengkapnya, baca di sini

3. Pelatnas Bulutangkis Geger, Tas Berharga Kevin Sanjaya Mendadak Raib

Kevin saat dikerjai Natasha Wilona.

Tempat Pelatihan Nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia, di Cipayung, Jakarta Timur, mendadak geger. Penyebabnya, tas milik ranking 1 dunia ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo raib.

Tas besar itu berisi perlengkapan main bulutangkis dan yang paling penting, di dalamnya ada dompet dan barang berharga milik Kevin. Tas Kevin hilang setelah ditelakkan di kursi di tepi lapangan di dalam ruangan latihan Pelatnas Cipayung.

Yang paling aneh, tas itu mendadak hilang saat Kevin keluar ruang untuk menyambut kedatangan artis cantik, Natasha Wilona. Kevin saat itu bersama dengan tandem sejatinya, Marcus Fernaldi Gideon.

Berita selengkapnya, baca di sini

4. Khikmawan Santosa, Penata Suara Film Indonesia Tewas karena Kecelakaan

Khikmawan Santosa

Industri film Tanah Air berduka hari ini. Salah seorang penata suara film andalan sutradara dan produser Indonesia, Khikmawan Santosa meninggal dunia karena kecelakaan.

Kabar meninggalnya pria dengan panggilan Kiki itu disampaikan sutradara dan komika Indonesia, Ernest Prakasa. Kiki tewas karena kecelakaan di Puncak, Jawa Barat pada Sabtu dini hari, 11 Mei 2019, sekitar pukul 03.00 WIB.

Dalam cuitannya di Twitter, Ernest mengaku gemetar mengetahui kabar tersebut. Sebab, beberapa waktu lalu, dia masih berbicara dengan Kiki.

Berita selengkapnya, baca di sini

5. Kemenkes Umumkan Hasil Investigasi Kematian Petugas KPPS di 4 Provinsi

Foto 11 pahlawan demokrasi atau petugas KPPS Sulawesi Utara

Kasus meninggalnya ratusan anggota KPPS masih menyisakan banyak tanya. Pasalnya hingga kini kematian yang awalnya disebut-sebut karena kelelahan kerja (kill fatigue) namun ternyata banyak kejanggalan yang muncul belakangan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi mengatakan pihaknya sudah menerima laporan hasil investigasi terkait penyebab kematian petugas KPPS dari dinkes di 4 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, dan Kepulauan Riau).

Keempat laporan tersebut menunjukkan hasil bahwa kematian petugas KPPS dipicu penyakit-penyakit tertentu.

Berita selengkapnya, baca di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya