Prabowo di Ibu Kota Baru, Ahok, hingga Innova Sipil Pakai Pelat TNI

Pemandangan Penajam Kalimantan Timur. Foto: Ig: @kaltimku
Sumber :

VIVA – Berita mengenai pemindahan ibu kota, masih menjadi topik paling banyak dicari oleh warganet pada Selasa 27 Agustus 2019. Tiga berita VIVA.co.id teratas dihiasi oleh topik tersebut.

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Yang paling populer, adalah soal kehadiran Prabowo Subianto di wilayah yang menjadi calon ibu kota baru. Kehadiran yang dimaksud, tentu bukan secara fisik.

Lalu, ada juga soal komentar Basuki Tjahaja Purnama tentang pemindahan ibu kota. Tengku Zulkarnain turut mewanti-wanti soal adanya ancaman China, di tempat yang ditunjuk jadi pusat pemerintahan baru,

Bentrok Antar Kelompok Rontek, Mako Polda Lampung Ditembaki Orang Tak Dikenal

Selain tiga berita terpopuler, ada juga dua kabar menarik yang sayang dilewatkan. Berikut daftar lengkapnya, dirangkum dalam Round Up.

1. Ada Prabowo Subianto di Ibu Kota Baru

Terpopuler: Potret Pria Berondong Anak Asuh Anisa Bahar, hingga Istri Cantik Berhijab Markus Horison

Dahlan Iskan

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negera, Dahlan Iskan menyebut, ada Prabowo Subianto di rencana kepindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. 

Dahlan mengatakan hal itu dalam tulisannya di disway.id, yang tayang Selasa 27 Agustus 2019 berjudul “Ibu Kota Baru”.

Mantan Chief Executive Officer Jawa Pos Grup tersebut, mengaku mengetahui kedua lokasi yang disampaikan Presiden Jokowi, saat jumpa pers tentang rencana ibu kota pindah, Senin 26 Agustus 2019 di Istana Negara, Jakarta. Lantas, apa hubungannya dengan Prabowo? Simak jawabannya di tautan ini.

2. Ahok: Pindah Ibu Kota Sama Saja Lari dari Masalah

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (BTP).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama ternyata pernah menolak rencana pemindahan ibu kota negara DKI Jakarta. Penolakan itu disampaikan saat ia masih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo pada 2013 silam. 

Apa alasan Ahok? Temukan jawabannya di tautan ini.

3. Tengku Zulkarnain Ingatkan Ancaman China di Ibu Kota Baru

Tengku Zulkarnain.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain, mengingatkan ada ancaman nyata dari China soal ibu kota pindah dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, keduanya di Kalimantan Timur.

Menurutnya, ibu kota baru justru membuat pertahanan Indonesia lemah, lantaran posisinya yang tegak lurus dan terbuka. Penasaran maksudnya? Coba baca tautan ini biar jelas.

4. Kena Batunya, Orang Ini Nekat Pasang Pelat TNI di Innova-nya

Dandenpom Tangerang, Letkol Cpm Indra Jaya mengamankan mobil pelat dinasWarganet tengah dibuat heboh oleh munculnya video, yang menunjukkan aksi warga sipil nekat memasang pelat nomor Tentara Nasional Indonesia di mobilnya. Kendaraan yang digunakan, diketahui adalah Toyota Kijang Innova.

Kok berani ya pakai pelat dinas? Kelanjutan kisahnya bisa kamu simak di tautan ini.

5. Foto-foto Kalimantan dari Luar Angkasa

Pulau Kalimantan dari Stasiun Antariksa Internasional

Pulau Kalimantan menjadi wilayah yang diamati oleh satelit Badan Antariksa Amerika Serikat. Terutama, saat terjadi kebakaran hutan. Satelit memotret titik kebakaran (hot spot), di pulau yang dikenal dengan nama Borneo tersebut.

Penasaran gambarnya? Langsung aja klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya