2 Personelnya Tak Lolos jadi Menteri Jokowi, Apa Kabar Elek Yo Band

Elek Yo Band.
Sumber :
  • VIVA/ Laras Devi Rachmawati

VIVA – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi melantik para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Respons Menteri-menteri Jokowi soal Program Makan Siang Gratis Prabowo-GIbran

Dari 38 menteri dan pejabat negara setingkat menteri, ada yang wajah lama maupun baru. Namun, bagaimana dengan nasib grup band bentukan menteri Jokowi?

Berdasarkan data yang dikelola VIVA, grup band bernama Elek Yo Band ini beranggotakan tujuh personel. Mereka berasal dari menteri dari Kabinet Kerja Jokowi dan JK.

Bos Lion Group Curhat ke Menteri Jokowi Sering Diminta Tekan Harga Tiket Pesawat

Ketujuh personel ini adalah Menteri Tenaga kerja Hanif Dhakiri, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki.

Dari tujuh personel, Elek Yo Band kehilangan dua orang, yakni Hanif Dhakiri dan Triawan Munaf. Mereka tereliminasi lantaran tak lagi dipanggil menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin 2019-2024.

Sejumlah Menteri Presiden Jokowi yang Ikut Antar Prabowo-Gibran ke KPU

Teten menduduki pos barunya sebagai Menteri Koperasi dan UKM, serta untuk Sri Mulyani, Retno Marsudi, Budi Karya dan Basuki masih tetap di pos yang sama.

Beberapa kali di acara kenegaraan, Elek Yo Band menunjukkan kebolehannya. Salah satunya dalam konser amal Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 2018, hingga di acara nonresmi seperti di acara pernikahan pejabat negara.

Band yang terbentuk di pertengahan pemerintahan Jokowi-JK ini, bahkan pernah tampil di acara Java Jazz 2018.

Sementara itu, wajah-wajah baru datang. Hal inilah yang kemudian membuat salah satu personel Elek Yo Band, Basuki Hadimuljono, berencana membuat kelompok pertemanan baru dengan beberapa menteri yang baru direkrut Jokowi.

Lebih lanjut, Basuki memastikan tidak akan melupakan kebersamaan dengan para anggota Elek Yo Band ke depan.

Sekalipun sudah ditinggal Hanif dan Triawan, namun ia melihat sebenarnya ada anggota kabinet baru yang bisa diprospek untuk bergabung dengan Elek Yo Band.

"Sekarang kan masih ada Retno, Sri Mulyani, Teten, saya, dan Budi Karya. Tapi ada Menko PMK (Muhadjir Effendy) belum dengar ya (suaranya), bagus beliau," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya