Cuplikan Cameo Stan Lee di Film-film Marvel 1989-2018

Stan Lee
Sumber :
  • Marvel Studios

VIVA – Stan Lee meninggal dunia di usianya yang ke-95 tahun. Di tangannya, lahir begitu banyak karakter ikonik dari komik yang menemani masa kecil anak-anak sedunia. Sebut saja karakter-karakter heroik di bawah payung Marvel, dari Fantastic Four, Blask Panther, Spider-Man, X-Men, Thor, Deadpool, Hulk, dan ratusan lainnya.

Gaspard Ulliel, Aktor Marvel Moon Knight Meninggal di Usia 37 Tahun

Sang legenda pun kerap muncul dalam film-film karakter tersebut. Cameo Stan Lee jadi bagian khas tersendiri yang selalu disambut tawa para pencinta Marvel. Di mana saja Stan Lee pernah jadi cameo?

Stan Lee sebenarnya pernah mengikutsertakan dirinya ke dalam komik, jauh sebelum kemunculannya di film dan serial TV. Dikutip CBR, Stan pertama kali muncul dalam komik Astonishing #4 karya Hank Chapman dan Wayne Boring. Di komik ini, Stan adalah seorang editor ajaib yang memaksa dirinya sendiri untuk bisa mimpi buruk agar dapat menuangkan pengalamannya itu ke dalam cerita monster yang sedang digarapnya.

Angelina Jolie Gandeng 5 Anaknya Hadiri Premier 'Eternals'

Sementara di dunia visual, Stan pertama kali pernah membaca narasi untuk kartun Incredible Hulk pada tahun 1980-an dan beberapa episode untuk Spider-Man and his Amazing Friends. Dia benar-benar muncul di layar pada tahun 1989 untuk film televisi The Trial of the Incredible Hulk.

Setelahnya, Stan Lee pun kerap muncul di berbagai animasi maupun live-action karakter-karakter yang diciptakannya. Film-film franchise Spider-Man, Iron Man, Hulk, Guardians of the Galaxy, X-Men, Deadpool, Captain America, Avengers, Fantastic Four, Agent Carter, Agent of S.H.I.E.L.D, Ant-Man, dan sebagainya.

Ragam Karakter Pahlawan Super, Termasuk Superhero Muslim

Kemunculannya pun beragam, dari yang hanya jadi kakek-kakek tua biasa, satpam, hingga bos superkaya yang kerap dikelilingi gadis-gadis. Sebelum meninggal, Stan Lee terakhir kali muncul di film Venom yang dibintangi Tom Hardy. Kabarnya, Stan sudah melakukan pengambilan gambar untuk film pamungkas Avengers yang akan tayang tahun depan.

"Menciptakan karakter-karakter, membuat ceritanya, bahkan melakukan wawancara rasanya sangat menyenangkan. Ketika kau melakukan sesuatu yang disukai para penggemar, ada rasa begitu puas dan kau tak mau berhenti melakukannya," ujar Stan Lee dalam sebuah wawancaranya terkait betapa sang legenda mencintai pekerjaannya.

Rest in Peace, Stan Lee!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya