Melihat Cuplikan 'Pohon Terkenal', Kehidupan di Akademi Kepolisian

Pohon Terkenal
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Kisah tentang pembentukan seorang perwira polisi mulai dari proses penerimaan di Akademi Kepolisian (Akpol) dibuat film. Film berjudul Pohon Terkenal itu diproduksi dengan sutradara Monty Tiwa dan pembuatan dilakukan sebagian besar di kompleks Akpol Semarang.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Dalam launching trailer dan poster yang diselenggarakan di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, film ini menampilkan sisi lain seorang polisi dari mulai seleksi hingga pelatihan di Akademi Kepolisian.

"Tujuannya mempertontonkan sisi lain seorang polisi. Tahunya polisi nangkap maling dan petugas lalu lintas. Ini loh Akpol mulai seleksi rekrutmen, bersih sampai selama pendidikan," kata Iqbal dalam sambutannya.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Iqbal pun bangga atas rampungnya produksi film ini. Sebab, film yang bercerita mengenai akademi kepolisian baru pertama kali dibuat.

Perihal judul yang diambil yaitu Pohon Terkenal, ia menceritakan bahwa istilah tersebut sangat akrab di telinga para lulusan Akpol. Pohon Terkenal, kata Iqbal, adalah istilah buat taruna atau taruni Akpol yang berbuat masalah saat menjalani pendidikan.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Ia pun berharap, dengan judul tersebut masyarakat penasaran ingin menontonnya karena film ini layak ditonton.

"Ini juga bisa ditonton para lulusan Akpol untuk bernostalgia dan bisa mengajak keluarganya," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolresta Surabaya ini berharap film ini masuk box office dan disukai masyarakat. Dengan film ini, ia juga menuturkan bahwa menjadi polisi bukanlah hal mudah butuh perjuangan.

"Masyarakat belum tahu proses menuju perwira itu tidak gampang. Bukan hanya tetesan air mata tapi jiwa dan raga mendedikasikan diri buat bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, salah satu aktor dalam film ini, Umay Shahab menyebut banyak pelajaran yang bisa diambil dalam film ini. Ia pun membantah anggapan selama ini bahwa masuk ke Akpol harus dengan membayar.

"Saya tanya para taruna dan taruni di sana bahwa masuk Akpol itu gratis," kata Umay.

Film Pohon Terkenal ini akan secara resmi rilis di bioskop seluruh Indonesia pada 21 Maret mendatang. Selain Umay, film ini dibintangi oleh Laura Theux, Raim Laode, dan Adjis Doa Ibu. (ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya