27 Steps Of May, Kisah Hidup Wanita Korban Kekerasan Seksual

Para pemain film 27 Steps Of May.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Sutradara Ravi Bharwani kembali menghadirkan sebuah film yang kental dengan pesan moral. Film tersebut berjudul 27 Steps Of May, yang mengangkat cerita tentang kekerasan seksual terhadap wanita.

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

Bercerita tentang sosok May yang diperankan Raihaanun. May telah diperkosa oleh sekelompok orang yang tidak dikenal ketika umurnya 14 tahun.

Akibat trauma yang mendalam, May akhirnya menarik diri dari kehidupan sosial. Ia menghabiskan waktunya hanya dengan berolahraga dan membuat baju boneka. May tidak pernah keluar rumah.

Lakukan Pelecehan Seksual pada Penumpang Angkot, Sopir di Aceh Dihukum Cambuk 154 Kali

Ravi Bharwani selaku sutradara mengatakan bahwa saking detail dan seriusnya, film 27 Steps Of May ini memerlukan waktu lima tahun untuk dibuat, mulai dari tahap riset sampai pasca produksi.

“Karena film ini menitikberatkan elemen-elemen visual dalam bercerita, maka semua elemen ini harus harus dibuat dan ditata secara detail dan rapi. Manajemen waktu ini yang menjadi tantangan paling berat,” ucap Ravi di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.

5 Negara Dengan Kejahatan Pemerkosaan Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia?

Lukman Sardi yang berperan sebagai ayah May mengatakan bahwa film ini sangat pas dirilis ketika isu kekerasan terhadap wanita sedang hangat diperbincangkan. Lukman juga berharap bahwa semua orang bisa terbuka dengan kasus kekerasan seperti ini.

“Film ini dirilis di tengah isu kekerasan seksual kepada wanita. Melalui film ini, beberapa orang semakin terbuka, impact-nya itu bukan hanya si korban, tapi juga lingkunngan sekelilingnya,” tutur Lukman.

Film 27 Steps Of May juga telah diputar di beberapa festival film internasional, antara lain Cape Town International Film Market & Festival, Goteborg Film Festival dan Bengaluru International Film Festival.

Rencananya, film ini akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 27 April 2019 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya