Martabak Bangka, Film Unik tentang Martabak dan Pulau Belitung

Para pemeran film Martabak Bangka.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Dunia perfilman Tanah Air kembali dihiasi oleh sebuah karya terbaru sineas berbakat yakni film berjudul Martabak Bangka. Film ini diproduksi oleh PT BERSAHAJA dan disutradarai oleh Eman Pradipta.

Mendikbud: Film Indonesia Bagian dari Hidup Kita

Film berdurasi 115 menit itu bercerita tentang seorang pemuda bernama Jaya (Ramon Y. Tungka) yang mengalami kebimbangan ketika akan menjual Kedai Martabak Bangka Acun. Jaya pun banyak mengingat kenangannya bersama Koh Acun pada saat belajar dan mewarisi bakat membuat martabak khas Bangka.

Suatu hari Jaya yang ditemani oleh Asep (Ario Astungkoro) berniat untuk mengembalikan harta dan abu jenazah milik Koh Acun pada keluarganya serta meminta izin untuk tetap menggunakan resep martabak Koh Acun.

3 Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme Teman Nonton Saat di Rumah Aja

Perjalan Jaya dan Asep dari Jakarta ke Bangka Belitung itu ternyata tidaklah mudah. Sesampainya di Bangka Belitung mereka juga mendapat banyak masalah dan cobaan yang akan membuat film ini semakin menarik untuk disaksikan.

Ramon, sebagai aktor utama dalam film ini mengatakan bahwa berperan menjadi tukang martabak tidaklah mudah. Ia bahkan harus belajar sangat keras.

Sebelum Meninggal, Didi Kempot Menyelesaikan Filmnya

“Tapi yang penting di sini saya dalami adalah how to make martabak dengan cara Bangka. Saya ke sana sebelum syuting, saya belajar bagaimana cara buatnya,” ucap Ramon di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, 26 April 2019.

Tidak tanggung-tanggung, Ramon sampai harus berjuang memasak beberapa kali sampai akhirnya bisa menyajikan martabak untuk seluruh kru film di lapangan.

“Saya belajar style pembuatannya bagaimana sampai akhirnya saya buat sendiri untuk teman-teman kru 50 orang,” tuturnya.

Selain Ramon, Gubernur Bangka Belitung yang ikut bermain dalam film ini yakni Erzaldi Rosman Djohan, mengungkapkan harapannya agar film Martabak Bangka ini bisa mendatangkan wisatawan ke provinsinya.

“Karena melalui film ini kami bisa mempromosikan daerah kami, Bangka Belitung,” ucapnya di kesempatan yang sama.

Karena selain martabak, keindahan sudut-sudut pulau Bangka Belitung juga akan menjadi daya tarik tersendiri dalam film ini. Sebab, sebagian adegan film diambil dengan latar tempat-tempat indah yang ada di Bangka Belitung.

Belum ada tanggal pasti mengenai kapan jadwal film ini rilis, namun dipastikan film Martabak Bangka akan tayang di tahun 2019. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya