Joko Anwar: Gundala Bukan Film Superhero, Tapi Jagoan Indonesia - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 28 Mei 2019 | 20:57 WIB

Joko Anwar: Gundala Bukan Film Superhero, Tapi Jagoan Indonesia

Film ini spesifik film Indonesia, bakal tayang pada 29 Agustus 2019
Joko Anwar, Film Gundala
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Joko Anwar, Film Gundala

VIVA – Gundala menjadi film Indonesia yang paling dinantikan tahun 2019 ini. Akan rilis pada 29 Agustus mendatang, film yang disutradarai oleh Joko Anwar itu sudah rampung 95 persen. 

Sisanya hanya tinggal mixing suara. Berbeda dengan film lain, Gundala akan menggunakan teknologi Dolby Atmos untuk membuat suara terdengar lebih jernih dan nyata. 

“Ini akan menjadi film pertama di Indonesia yang tata suaranya menggunakan Dolby Atmos," kata Joko Anwar saat ditemui dalam Media Gathering Film Gundala di kawasan Senayan Jakarta Selatan pada Selasa, 28 Mei 2019. 

Tiga bulan sebelum ditayangkan, masyarakat Indonesia memiliki ekspektasi tinggi terhadap Gundala sebagai film bergenre superhero pertama di Indonesia. Namun, Joko Anwar menegaskan bahwa film terbarunya itu tidak ingin dilabeli dengan iming-iming superhero. Gundala akan menjadi identitas dari Indonesia. Maka dari itu, ia menggantinya dengan sebutan jagoan Indonesia. 

“Kita tidak bisa memberikan seperti film Marvel, yang jelas kami akan menyajikan film ini spesifik film Indonesia. Ini film jagoan Indonesia dan patriot,” ujar Joko. 

Menurut Joko Anwar, film Gundala memiliki relevansi dengan apa yang sedang terjadi di Indonesia. Gundala merupakan sosok tokoh yang peduli dengan masyarakat dan selalu ingin membela kebenaran. Joko berharap film Gundala dapat berdampak positif bagi para penonton. 

“Kalau dari komiknya, ditandai oleh pengembangan sensibilitasnya. Kita bikin jalannya cerita, tapi bisa pula berdampak atas refleksi masyarakat Indonesia sekarang,” ujarnya. 

Karakter Gundala pertama kali muncul dalam komik berjudul Gundala Putra Petir karya Harya Suryaminata atau yang lebih dikenal dengan Hasmi.  Komik tersebut dirilis pada 1969 silam.

Dalam komik, Gundala bernama asli Sancaka, seorang insinyur yang berambisi mencari serum anti-petir. Nantinya, ia malah menjadi manusia super setelah tersambar petir. 

Sementara itu, film Gundala dibintangi oleh Abimana Arsatya, Tara Basro, Bront Palarae, Muzakki Ramdhan, dan sederet aktor terkenal lainnya. Film ini dijadwalkan tayang pada 29 Agustus 2019, bertepatan dengan 50 tahun perilisan komik Gundala. (ren)

 

loading...
Muat Lainnya...