Demi Dalami Karakter, Iqbaal Ramadhan Rela ‘Diinjak’ Hanung Bramantyo

Iqbaal Ramadhan di film Bumi Manusia
Sumber :
  • Instagram Falcon Picture

VIVA – Iqbaal Ramadhan didaulat untuk memerankan karakter utama dalam film Bumi Manusia bernama Minke. Tokoh tersebut dideskripsikan sebagai seorang pribumi berjiwa kritis.

Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

Berlatar zaman kolonial Belanda, Minke berusaha berjuang melawan para penjajah lewat tulisan-tulisannya. Ini menjadi pengalaman perdana bagi Iqbaal untuk menghidupkan karakter dengan perbandingan generasi yang cukup jauh dari dirinya saat ini.

Hanung Bramantyo, sutradara dari film Bumi Manusia terus mengarahkan Iqbaal agar dapat berpikir dan berperilaku seperti Minke, sesuai dengan mahakarya yang ditulis oleh sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam buku Bumi Manusia. Tidak tanggung-tanggung, sang sutradara meminta Iqbaal untuk hidup layaknya seorang ‘budak’.

Ini Cita-Cita yang Ingin Digapai Iqbaal Ramadhan, Salah Satunya Sudah Terwujud

“Makan di lantai, itu sebenarnya treatment dari saya. Iqbaal lahir di zaman yang sudah enak. Kadang-kadang saat dia berdialog sebagai Minke, jatuhnya malah kayak baca puisi (kaku). Karena itu saya minta Iqbaal buat tinggalin yang ada di rumah. Tidur di tikar, rasakan. Ngepel, nyuci, menjadi budak di rumah kamu sendiri. Itu semua kan terjadi pada zamannya Minke,” kata Hanung dalam acara peluncuran poster film Bumi Manusia di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 19 Juni 2019.

Iqbaal pun membenarkan hal tersebut dan rela melakukannya agar semakin terbiasa menjadi sosok Minke. “Approach-nya Mas Hanung bukan paksa saya jadi Minke, tapi berusaha bikin jalan pikir saya seperti Minke. Di kehidupan sehari-hari, saya coba duduk di lantai biar saya terbiasa,” ujar Iqbaal.

Panutan Gen Z! Baru Lulus Kuliah, Iqbaal Ramadhan Sudah Jadi Produser Kreatif

Hanung menyebutkan, tidak mudah untuk menarik Iqbaal masuk ke dalam karakter Minke. Saat pertemuan pertama mereka, Hanung merasa kesulitan menghadapi Iqbaal yang aura kebintangannya sangat kuat.

“Praktiknya susah. Apalagi dia sudah enam juta penonton (film Dilan 1990), dia lebih gede dari penontonnya Ayat Ayat Cinta. Anak muda ya umur 19 tahun sudah banyak fansnya. Bayangkan itu. Jadi itu yang terjadi. Kemudian itu yang saya bilang 'kamu orang yang paling gampang mendapatkan akses'. Makanya sudah ibaratnya kita ‘injek,” tuturnya.

Maka dari itu, Hanung menyodorkan berbagai referensi untuk menanamkan pemikiran Minke dalam diri Iqbaal.

“Selain saya suruh Makan di lantai ya cuci baju sendiri yang kamu lakukan itu sambil baca buku karya Multatuli, baca Max Havelaar, sambil baca pemikirannya feminisme Kartini, terus ada beberapa buku-buku yang saya kasih ke dia. Dan dalam waktu dua bulan saya suruh begitu,” ujar suami Zaskia Adya Mecca itu. 

"Nah jadi selama sebulan itu bahasa juga saya ganti, dia (Iqbaal) enggak boleh ngomong ‘lu gue’. Dia harus ngomong ‘saya kamu’. Terus dia harus belajar bahasa Belanda, dia hanya boleh ngomong pakai bahasa Indonesia, bahasa Jawa terus pakai bahasa Inggris,” lanjutnya.

Selain Iqbaal, film ini juga dibintangi oleh Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Donny Damara, Ayu Laksmi, Giorgio Abraham, dan masih banyak lagi. Bumi Manusia serentak ditayangkan di seluruh bioskop Tanah Air pada 15 Agustus 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya