Kucumbu Tubuh Indahku Melenggang ke Oscar 2020, Ini Kata Garin Nugroho

Film Kucumbu Tubuh Indahku.
Sumber :
  • Instgram Garin Nugroho

VIVA – Sutradara Garin Nugroho bersyukur karena salah satu filmnya, Kucumbu Tubuh Indahku akan dikirimkan untuk mengikuti festival film paling bergengsi sedunia, The Academy alias Oscar 2020. Film Garin akan mewakilkan Indonesia untuk kategori Foreign Language Film.

Garin Nugroho Puji Sabda Alam, Video Musik Animasi Garapan Siswa SMK

"Terima kasih, saya sangat menghargai keputusan tersebut," kata Garin saat dihubungi wartawan melalui aplikasi pesan WhatsApp, Selasa, 17 September 2019.

Kucumbu Tubuh Indahku menyingkirkan 41 film lain yang dianggap layak oleh Komite Oscar 2020 atau The Indonesian Academy Awards Selection Committee. Bagi Garin, Komite tersebut telah membuat keputusan berani dengan meloloskan filmnya.

Mendikbud: Film Indonesia Bagian dari Hidup Kita

"Keputusan yang berani dan mengikutkan karena tema yang sensitif, namun juga membuka ruang diskusi penghormatan ke keberagaman budaya," ujarnya.

Sebagai informasi, film ini bercerita mengenai pria bernama Juno yang bercita-cita menjadi penari Lengger. Jalan menuju cita-citanya tak mudah. Kucumbu Tubuh Indahku juga menyinggung soal LGBT.

3 Rekomendasi Film Bertema Nasionalisme Teman Nonton Saat di Rumah Aja

Saat tayang di Indonesia, film ini pernah diprotes karena isu tersebut. Beberapa pihak mendesak film itu diturunkan. Namun, meski di dalam negeri diterpa isu tak sedap, film ini meraih penghargaan di luar negeri.

Kucumbu Tubuh Indahku memenangkan Venice Independent Film Critic 2008 untuk kategori Bisato D'Oro Award, Festival Des 3 Continents sebagai film terbaik, juga Asia Pasific Screen Awards untuk kategori Cultural Diversity Award.

Film Garin Daun Di Atas Bantal juga pernah mewakili Indonesia pada Oscar 1998. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya