Kucumbu Tubuh Indahku hingga Dua Garis Biru Boyong Nominasi FFI 2019

Film Kucumbu Tubuh Indahku.
Sumber :
  • Instgram Garin Nugroho

VIVA – Tiga film yakni Kucumbu Tubuh Indahku, Dua Garis Biru dan Bumi Manusia mendominasi Festival Film Indonesia 2019 atau FFI 2019. Dari 21 nominasi yang dibacakan, ketiga film itu membagi rata dengan masuk di 12 nominasi.

Film "Dua Hati Biru" Kelanjutan Kisah Dua Garis Biru Siap Tayang 17 April 2024 di Bioskop

Kucumbu Tubuh Indahku masuk dalam nominasi Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dua nominasi di Pendukung Pria Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Sementara Dua Garis Biru masuk di Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dua nama di Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Sementara Bumi Manusia berkesempatan menang di Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, dan Pengarah Artistik Terbaik.

Sementara tiga film lainnya, 27 Steps of May, Gundala dan Bebas jadi terbanyak kedua dengan masuk di 9 Nominasi. Menyusul kemudian Keluarga Cemara 5 nominasi, Ambu dan My Stupid Boss 2 di 4 nominasi.

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

Rencananya pengumuman pemenang akan diadakan pada 12 Desember 2019. Sampai saat ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut di mana FFI 2019 akan diselenggarakan. Tahun ini  penyelenggaraan tersebut mengusung tema Film Bagus Citra Indonesia.

Film-film yang berhasil masuk telah dikurasi oleh beberapa orang. Sampai akhirnya dikerucutkan menjadi beberapa film dan kemudian diperkecil lagi oleh perwakilan dari asoiasi film.

“Nominasi dipilih teman-teman dari asosiasi berdasarkan tema, estetika, orisinalitas dan kualitas teknis yang memadai,” kata Nia Dinata, Ketua Komite Penjurian FFI 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya