Sinopsis Film Parasite yang Borong 4 Piala Oscar

Film Parasite
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Film asal Korea Selatan, Parasite menorehkan prestasi yang gemilang di ajang Academy Awards atau Oscar yang digelar pada Minggu malam waktu Amerika atau Senin pagi waktu Indonesia. Dalam ajang bergengsi Oscar ke 92, film Parasite besutan sutradara Bong Jon Hoo memborong empat penghargaan sekaligus mulai dari Best Original Screenplay hingga Best Picture.

Aktor Parasite Song Kang Ho Akan Membintangi Drama Uncle Samsik

Parasite disutradarai oleh Bong Joon-ho, dan Han Jin-won sebagai penulis naskah skenario. Parasite yang dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam ini bercerita tentang anggota keluarga yang semuanya merupakan pengangguran.

Ki-taek yang merupakan kepala keluarga, Chung-sook sang istri, Ki-jeong anak perempuan dan Ki-woo yang merupakan putra tertua keluarga Ki-taek ini tinggal di apartemen kecil semi-basement (banjiha), memiliki pekerjaan sementara yaitu sebagai pelipat kotak pizza. Hingga suatu hari, datang teman Ki Woo, Min-hyuk, yang juga seorang mahasiswa memberi keluarga Ki Taek sebuah batu yang disebut-sebut dapat menjanjikan kekayaan kepada siapa pun yang memilikinya.

Pesan Terakhir Lee Sun Kyun Sebelum Meninggal Dunia: Ini Jalan Satu-satunya

Setelah mengantarkan batu tersebut, Min-hyuk berbincang dengan Ki-taek dan menawarkan pekerjaan sebagai guru les bahasa Inggris untuk putri keluarga kaya Park, Da-hye menggantikan posisinya. Sebab dirinya mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Berbekal ijazah kelulusan palsu, Ki-woo pun menjadi guru Bahasa Inggris Da-hye. Setelah Ki-woo menjadi guru les bahasa Inggris di keluarga Park, perlahan tapi pasti keempat anggota keluarga Ki-taek bekerja di kediaman Tuan Park, mulai dari seorang guru seni, supir pribadi dan asisten rumah tangga.

Aktor Lee Sun Kyun Dimakamkan Hari Ini di Jeolla Utara

Jika awalnya kebohongan yang dibuat keluarga ini berjalan lancar. Namun akhirnya ada banyak konflik dan tragedi yang menegangkan dalam film ini. Hal ini bermula dari insiden saat keluarga Park harus kembali ke rumah saat rencana merayakan ulang tahun anak mereka yang termuda gagal lantaran hujan.

Film parasite ini semakin tegang tatkala pesta perayaan ulang tahun anak termuda keluarga Park diatur ulang dan digelar di belakang halaman rumah mereka. Saat itu muncul konflik-konflik yang menengangkan antara keluarga Park dan Ki-taek hingga berakhir dengan insiden menyeramkan.  

Film parasite yang tayang pada 2019 lalu ini juga berhasil memenangi Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019 dan menjadi film Korea pertama yang mendapatkan penghargaan ini. Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

Lewat Oscar 2020, Parasite memenangkan empat piala utama mulai dari Best Picture, Best Director, Best International Feature, dan Best Original Screenplay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya