Film-film ini Berkisah Tentang Kartini

Film Kartini.
Sumber :
  • Instagram @therealdisastr

VIVA – Raden Adjeng atau Raden Ayu (RA) Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional. Tanggal lahirnya, 21 April diperingati sebagai Hari Kartini sejak Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, pada 2 Mei 1964. Perjuangannya memperjuangkan hak perempuan menginspirasi banyak orang termasuk para sineas.

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Setidaknya da tiga film yang pernah diproduksi sineas Indonesia tentang Kartini. Mereka mengulas satu tokoh dari sisi yang berbeda. Banyaknya sumber buat para sineas bisa menyerap dan merangkainya jadi sebuah tontonan menarik. Berikut film-film yang mengangkat mengenai sosok Kartini.

1. R.A. Kartini
Bisa jadi film ini merupakan yang pertama mengulas sosok Kartini. Film ini diproduksi pada 1982. R.A. Kartini disutradarai oleh Sjumandjaja dengan mengambil cerita bersasar buku Biografi Kartini yang ditulis Sisisoemandari Soeroto. Yenny Rachman berperan sebagai Kartini. Film ini juga dibintangi oleh Bambang Hermanto, Adi Kurdi, Nani Widjaya, Chintami Atmanegara dan banyak lainnya.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

2. Surat Cinta untuk Kartini
Surat Cinta untuk Kartini dirilis pada 21 April 2016. Terlihat dari judulnya, kisah itu mengangkat kisah percintaan Kartini. Diceritakan dalam film itu, Sarwadi, seorang pengantar surat jatuh hari saat melihat Kartini di hari pertamanya kerja di tempat yang baru,

Sarwadi jatuh cinta karena Kartini peduli dengan rakyat kecil dan wajahnya yang ayu. Berperan sebagai Kartini, Rania Putrisari. Perannya tersebut diganjar Pemeran Pendatang Baru Terbaik di Indonesia Movie Actor Awards 2017

Empowerment Dikawinkan Wastra, Tersaji Apik di IFW 2024

Sementara Sarwadi diperankan oleh Chico Jericho. Selain kedua nama tersebut, film ini juga dibintangi oleh Acha Spetriasa, Ence Bagus, DSonny Damara, dan banyak nama lainnya. Film ini disutradarai Azhar Kinoi Lubis.

Baca juga: Ajakan Sambut Hari Kartini Ala Yuni Shara di Tengah Pandemi COVID-19

3. Kartini
Film ini bercerita tentang Kartini yang melihat ibunya, Ngasirah seolah tidak dianggap di ruamhnya sendiri karena tidak memiliki darah ningrat. Kartini mulai memperjuangkan hak pendidikan untuk perempuan. Ia mulai mendirikan sekolah untuk kaum tidak mampu dan menghadirkan apangan pekerjaan untuk masyarakat Jepara.

Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini. Dalam film ini, ia beradu akting dengan Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Rianti Cartwright, Dwi Sasono, Denny Sumargo dan banyak lainnya.

Film ini disutdaradari Hanung Bramantyo dan tayang serentak di bioskop pada 19 April 2017. Hari pertama penayangannya, Kartini ditonton sebanyak 57.202 penonton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya