Imbas Pandemi COVID-19, Pelaksanaan Oscar 2021 Diundur

Academy Awards atau Piala Oscar.
Sumber :
  • Academy of Motion Picture Arts and Sciences

VIVA – Perhelatan film paling bergengsi di dunia, Academy Awards dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal tahun 2021, tepatnya, 28 Februari. Namun, dengan pandemi virus corona yang masih terjadi, penyelenggara penghargaan film yang akrab dengan sebutan Oscars, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mengumumkan bahwa ajang penghargaan itu akan ditunda pelaksanaannya.

Cillian Murphy Kembali Perankan Tommy Shelby di Film Peaky Blinders

Academy Awards tahun depan diundur menjadi tanggal 25 April 2021. Ini merupakan tanggal paling telat selama Academy Awards dilangsungkan sejak disiarkan di televisi. Pelaksanaan Oscars terakhir di bulan April adalah 32 tahun lalu pada tahun 1988.

Dikutip dari laman E!News, selain tanggal pelaksanaan penyerahan penghargaan, Academy juga memundurkan beberapa elemen berkaitan lainnya, meliputi periode pemenuhan syarat. Kini, film situr apapun yang dirilis antara 1 Januari hingga 28 Februari 2021, layak untuk masuk dalam pertimbangan Academy Awards. Tenggat waktu penyerahan untuk kategori spesial, seperti Film Animasi dan Fitur Dokumenter adalah 1 Desember.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Sementara tenggat waktu untuk penyerahan kategor umum seperti Film Terbaik dan Lagu Original adalah 15 Januari 2021.

Nominasi untuk Oscars 2021 akan diumumkan pada 15 Maret 2021. Beberapa hari setelah acara penghargaan yang dilangsungkan di Dolby Theater di Hollywood dan disiarkan ABC, Academy Museum of Motion Picture akan dibuka pada 30 April 2021. Sebelumnya, museum itu dijadwalkan akan dibuka pada 14 Desember.

Hadir di Piala Oscar 2024, Billie Eilish Kenakan Pin Dukung Genjatan Senjata di Palestina

Langkah tersebut diambil setelah terjadinya pandemi yang membuat produksi dan proyek yang akan datang di seluruh dunia harus dihentikan dan mengguncang banyak bioskop di seluruh dunia.

"Selama lebih dari seabad, film telah memiliki peran penting dalam menenangkan, menginspirasi, dan menghibur kita selama masa tergelap. Mereka tentunya ada tahun ini. Harapan kami, dengan memperpanjang periode persyaratan dan tanggal penghargaan kami, adalah untuk memberikan fleksibilitas kepada pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa diberikan penalti atas sesuatu yang tidak bisa dikendalikan oleh manusia," demikian pernyataan Presiden Academy David Rubin dan CEO Academy Dawn Hudson.

"Oscars yang akan datang ini dan pembukaan museum baru kami akan menandakan momen bersejarah, mengumpulkan penggemar film di seluruh dunia untuk bersatu melalui sinema," lanjut mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya